ACT Sumut Siap Berangkatkan Bantuan Warga Sumbagut untuk Mamuju dan Majene

Lensamedan-  Bantuan sosial dari masyarakat Sumatera bagian Utara yang dikumpulkan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT)  Sumatera Utara (Sumut) mulai siap untuk dikirim ke Mamuju dan Majene Sulawesi Barat (Sulbar). Sebanyak 3 (tiga) kontainer berisikan bantuan dari warga Sumatera bagian Utara (Sumbagut) mulai Kamis (11/2/2021) diangkut ke atas kapal di pelabuhan peti kemas Belawan. Sebanyak hampir 100 ton bantuan yang bersumber dari warga Kota Medan, Labuhan Batu, Banda Aceh dan Lhokseumawe diangkut ke dek kapal yang merupakan sumbangsih dari PT Meratus Line.

Kegiatan pelepasan kapal kemanusiaan ini yang ditandai oleh penekanan sirine secara seremony, dilakukan oleh Kepala Cabang ACT Sumut, Yessi Oktaviana bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut yang diwakili oleh Plt Kepala BPBD Sumut, Riadil Akhir Lubis dan disaksikan oleh Kepala Cabang ACT Labuhan Batu, M Dani Aswin dan Kepala Cabang ACT Banda Aceh, Lisdawaty yang juga dihadiri perwakilan PT Meratus Line, Pelindo 1 serta perwakilan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

Selain dihadiri oleh para tamu undangan, kesempatan hadir juga diberikan kepada para relawan yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Utara. Relawan yang berhadir ada yang berasal dari Padangsidimpuan, Batubara, Langkat, dan beberapa daerah lainnya. Walau ramai yang hadir, namun pihak Pelindo 1 tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat.

Pada kesempatan ini pula, pihak Kajatisu juga turut berpartisipasi dalam kegiatan Kapal Kemanusiaan dengan menyumbangkan sebanyak 3 ton beras, yang merupakan beras pilihan terbaik.

Yessi Oktaviana, dalam kata sambutannya mengucapkan terimakasih atas dukungan dari mitra baik Pelindo 1 dan PT Meratus Line, dan menyampaikan bahwa program Kapal Kemanusiaan ini bukanlah sekadar armada yang membawa bantuan logistik namun juga sebagai wujud dari kepedulian warga Sumatera atas penderitaan saudara-saudaranya yang terkena bencana.

“Bantuan ini semakin menguatkan kalau masyarakat Indonesia terutama Sumatera masih memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sesama,” ujar Yessi dalam keterangan tertulis, Jumat (12/2/2021).

Riadil Akhir Lubis, Plt Kepala BPBD Sumut selaku perwakilan dari Pemprov Sumut menyambut baik kegiatan positif seperti ini, bentuk dukungannya terbukti pada saat pelaksanaan Charity Lunch di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, kemarin Rabu (10/2/2021).  Tidak tanggung-tanggung acara makan bersama yang diisi dengan penggalangan dana ini, berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp800 juta lebih.

Riadil juga berharap kegiatan seperti ini tidak hanya saat ini saja, tapi bisa berlanjut pada kegiatan kapal seri kedua bahkan hingga seri ketiga. Agar bantuan masyarakat Sumut yang sudah digalang kemarin pun dapat terealisasi dan dapat dihantarkan kepada saudara-saudara yang ada di Sulbar bahkan di Kalimantan Selatan (Kalsel). Karena dia yakin masih banyak orang-orang baik yang ada di Sumatera Utara ini yang ingin berbuat untuk saudara-saudara yang tertimpa bencana.

“Untuk itu saya berharap,  pihak Meratus Line dan Pelindo 1 dapat memberikan kesempatana kedua hingga 2 pekan kedepan,” kata Riadil.

Selepas seremoni pelepasan kapal yang dilakukan di ruang rapat Spreader Terminal Peti Kemas ini ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan di tempat terpisah. Kapal Meratus ini pun rencanaya akan berangkat Sabtu (13/2/2021), dengan tujuan Sulawesi Selatan. Setelah sampai di Kota Makassar, bantuan ini akan didistribusikan ke Majene dan Mamuju sekitarnya. (*)

 

(Medan)

 

 

Belum ada Komentar untuk "ACT Sumut Siap Berangkatkan Bantuan Warga Sumbagut untuk Mamuju dan Majene"

Posting Komentar

Atasi Abrasi Semakin Parah, Pemdes Bandar Rahmat Lakukan Aksi Gotong Royong

Lensamedan - Pemerintah Desa (Pemdes) Bandar Rahmat, kecamatan Tanjung Tiram, kabupaten Batu Bara gotong royong untuk mencegah terjadinya ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel