Sukseskan Bulan K3 Nasional 2021, PLN Up3 Medan Gelar Sosialisasi Bahaya Listrik

Lensamedan- PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Medan menggelar kegiatan sosialisasi keselamatan kerja dan edukasi upaya pencegahan kecelakaan umum terkait bahaya listrik dengan mengusung tema " Penguatan budaya dan disiplin eksekusi K3 pada kegiatan kelistrikan untuk mencapai Zero Accident yang berkelanjutan, Kamis (28/1/2021).

Kegiatan dalam rangka Bulan K3 Nasional Tahun 2021 yang digelar di lapangan serba guna yang terletak di pinggiran Sungai Babura Kampung Sejahtera Jl Taruna, Petisah Tengah, Medan Petisah  itu dibuka oleh Ketua Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS), Aminurasyid.

Kampung Sejahtera selama ini akrab dikenal masyarakat Medan dengan sebutan kampung kubur atau kampung narkoba sering di konotasi kan dengan hal-hal negative.  Yang menurut cerita, kampung ini tempat segala maksiat dan sarangnya penjahat dan pelaku tindak pidana kriminal.

Melihat hal tersebut manager PT PLN (Persero) UP3 Medan, Dian Herizal mengajak warga kampung sejahtera berkolaborasi mengubah kesan yang dulunya negatif dalam segala hal menjadi kampung bebas pencurian listrik melalui kegiatan Kesehatan, Keselamatan Kerja & Lingkungan (K3L). Ajakan ini diungkapkan Dian dalam kegiatan sosialisasi ketenagalistrikan dengan warga Kampung Sejahtera beberapa waktu lalu.

Dian Herizal  menjelaskan, Kampung Sejahtera yang memiliki anekdot negatif dimasyarakat harus menjadi tolak ukur dan contoh baik dalam segala hal.

“Kemauan baik yang sudah timbul dari dalam diri masyarakat sendiri untuk berubah menjadi baik membuat kami manajemen PLN Medan antusias melakukan kolaborasi dalam mewujudkan keinginan warga disini.  Melalui program kita bersama menata kampung sejahtera menjadi kampung yang bebas pencurian listrik, Mudah-mudahan merubah anekdot tentang kampung ini menjadi jauh lebih baik, kami PLN siap mendukung masyarakat untuk hal tersebut,” ujar Dian Herizal.

Guna memberikan pemahaman kepada masyarakat umum tentang bahaya listrik bagi kehidupan, sekaligus demi menjaga dan memperkecil tingkat kecelakaan umum akibat bahaya energi listrik yang dipergunakan dengan tidak semestinya, Manajemen dan jajaran PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan, secara aktif dan berkesinambungan, akan terus melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat umum tentang penting dan bahaya nya listrik dikehidupan masyarakat.

Kegiatan yang turut dihadiri oleh Kepala Kelurahan Petisah Tengah, Pihak Kepolisian, Lembaga Bantuan Hukum dan para tokoh masyarakat sekitar, membuat kegiatan sosialisasi mendapat apresiasi dan sambutan luar biasa dari masyarakat Kampung Sejahtera. Terlihat pada sesi ini berbagai hal terkait masalah ketenagalistrikan ditanyakan.

Dalam kesempatan itu, Manager Transaksi Energi Listrik, Irwansyah Putra Panjaitan menjelaskan bahwa, dalam beberapa kasus kebakaran di Kota Medan, karena disebabkan korsleting listrik (arus pendek). Adanya sambungan listrik yang tidak benar (ilegal) sering mengakibatkan beban berlebihan pada penghantar sehingga kabel sebagai media penghantar pada instalasi listrik menjadi panas dan menyebabkan isolasi kabel meleleh. Alhasil, kabel positif dan negatif pun beradu sehingga menyebabkan percikan api yang lambat laun membesar, hingga akhirnya memicu kebakaran.

“Sebaiknya masyarakat selalu menggunakan listrik secara benar dan legal agar terhindar dari potensi-potensi kebakaran yang kerap terjadi akibat ketidakperdulian kita terhadap bahaya listrik itu sendiri,” jelas Irwan.

Dalam kesempatan yang sama, Juliana T Purba selaku Pejabat K3 & Lingkungan juga menyarankan , guna menghindari terjadinya korsleting listrik, hendaknya para pelanggan mencopot colokan listrik jika perangkat rumah tangga yang menggunakan sistem elektrifikasi tidak sedang dipergunakan.

“Contohnya Pompa air meskipun ada sistem otomatisnya, itu tidak menjamin selamanya bekerja dengan baik, bila malam hari diimbau agar mencabut semua colokan listrik seluruh peralatan elektronik yang tidak dipergunakan serta jangan mengecharge ponsel dalam keadaan hidup dan dibiarkan lama saat tidur malam,” pungkas Juli.

Dalam Kesempatan yang sama PT PLN (Persero) UP3 Medan juga telah melakukan pemasangan 3 Unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di Kampung Sejahtera untuk mendukung dan mengajak masyarakat untuk tidak lagi melakukan pencurian listrik serta kedepan program bersama PLN dan Masyarakat Kampung sejahtera menjadikan kampung bebas pencurian listrik dapat terealisasi dengan baik. (*)

 

 

(Medan)

 

 

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Sukseskan Bulan K3 Nasional 2021, PLN Up3 Medan Gelar Sosialisasi Bahaya Listrik"

Posting Komentar

Pasar Pantau Tensi Geopolitik di Timur Tengah, IHSG dan Rupiah Kompak Ditutup Melemah

Lensamedan - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan perdana pasca libur Idulfitri berada di zona merah, dan ditutup melemah 1.6...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel