Sekda Sabrina Ajak HNSI SumutT Berkolaborasi Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

Lensamedan- Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina mengajak Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumut bersama-sama meningkatkan kesejahteraan para nelayan. Antara lain dengan menjadi penghubung antara pemerintah dan nelayan.

“Pada pertemuan ini harus kita bahas hal-hal yang bisa menyejahterakan nelayan kita. Misalkan meningkatkan produk yang dihasilkan nelayan selain ikan segar,” ujar Sabrina saat menerima kunjungan silahturahmi DPD HNSI Sumut, di Gedung Lama Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Jumat (15/1/2021).

Sabrina menyarankan agar HNSI Sumut lebih aktif melakukan pelatihan kepada para nelayan agar ikan yang dijual sesuai dengan standar yang diberlakukan swalayan, sehingga ikan nelayan bisa dijual di swalayan dengan harga yang lebih baik.

“Setiap swalayan punya standar, nah agar barang kita bisa masuk ke sana , sama-sama lah kita buat produk kita sesuai standar, kenapa dia bisa kita tidak bisa,” tambahnya seperti yang dikutip dari laman resmi diskominfo Pemprov Sumut.

Terkait masalah limbah, Sabrina mengatakan, hal itu merupakan masalah di seluruh perairan Indonesia. Persoalannya masih banyak masyarakat yang menganggap sungai sebagai drainase pembuangan sampah, tanpa menyadari limbah yang mereka buang ke sungai akan berakhir dan mencemari laut.

“Seharusnya air sungai bisa kita gunakan airnya untuk kita mandi atau pun minum, namun karena sudah tercemar tidak bisa kita gunakan lagi. Belum ada kesadaran, kan tidak mungkin kita awasi setiap waktu,” terangnya.

Sebelumnya, Ketua DPD HNSI Sumut Zulfahri Siagian menyampaikan berbagai persoalan yang dihadapi para nelayan. Antara lain masalah limbah yang mencemari laut dan menyebabkan tangkapan nelayan jauh berkurang. Juga sulitnya memasarkan ikan hasil tangkapan nelayan menembus pasar-pasar swalayan.

Zulfahri juga berharap agar dijembatani dengan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) yang bisa bersinergi dengan kegiatan nelayan. “Kita harapkan ke depan beberapa dinas terkait bisa turut serta berperan meningkatkan taraf hidup nelayan, semisal Dinas Koperasi, Dinas Pariwisata hingga Dinas Kominfo Sumut,” harapnya.

Pada pertemuan tersebut turut hadir Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan SDA Agus Tripriyono, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Safruddin dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Mulyadi Simatupang.

 

 

(Medan)

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Sekda Sabrina Ajak HNSI SumutT Berkolaborasi Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan"

Posting Komentar

PGN Perkuat Koordinasi & Jaga Keberlanjutan Pemanfaatan Gas Industri

Jakarta – PT PGN Tbk melaksanakan customer business gathering, Rabu (27/3/2024). Kegiatan yang digelar dalam rangka meningkatkan komunikasi ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel