Musim Gugur Daun Tiba, Pabrik Karet Mulai Kesulitan Pasokan Bahan Baku

Lensamedan- Musim gugur daun yang mulai terjadi akan berdampak pada berkurangnya pasokan bahan baku ke pabrik karet di Sumatera Utara (Sumut). Pertengahan Januari 2021, pada kabupaten tertentu, kondisi gugur daun sudah melebihi 50%.

Sekretaris Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo) Sumatera Utara (Sumut)  Edy Irwansyah mengatakan, diperkirakan puncak gugur daun akan terjadi akhir Pebruari sampai awal Maret.

“Sepanjang Januari-Maret ini, diperkirakan produksi kebun akan berkurang 45%,” ujar Edy lewat pesan singkat, Jumat (15/1/2021).

Dikatakan Edy, gugur daun yang terjadi ini adalah gugur daun alami atau gugur daun primer yang merupakan proses alami, secara fisiologi tanaman mengantisipasi ketersediaan air pada musim kemarau.

Hanya saja saat ini, pabrik pengolahan karet di Sumatera Utara sudah mengalami kesulitan bahan baku. Kekurangan pasokan ini diatasi dengan pembelian dari provinsi lain, konsekuensinya harga beli semakin tinggi.

“Tapi, kalau pasokan dari provinsi lain tidak mencukupi, dampaknya volume ekspor akan mengalami penurunan,” pungkasnya.


(Medan)
 

Belum ada Komentar untuk "Musim Gugur Daun Tiba, Pabrik Karet Mulai Kesulitan Pasokan Bahan Baku "

Posting Komentar

Sekdaprov Sumut Harap Pemaksimalan Pengelolaan Ekonomi Hijau

Lensamedan – Pemaksimalan pengelolaan ekonomi hijau dan ramah lingkungan dinilai penting untuk meningkatkan investasi, yang akan berimbas pa...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel