Kota Medan Akan Miliki Rumah Perlindungan Sosial

Lensamedan- Dinas Sosial Kota Medan mencatat, sekitar 70 persen gelandangan dan pengemis (gepeng) serta  anak jalanan yang marak di Kota Medan bukan warga Medan, melainkan warga yang bermukim di daerah yang mengelilingi Kota Medan

“Kebanyakan para gepeng dan anak jalanan itu merupakan warga Deli Serdang, Serdang Bedagai, dan Langkat,” ujar Kepala Dinas Sosial Endar Sutan Lubis di Medan, Kamis (14/1/2021).

Untuk menertibkan keberadaan gepeng dan anak jalanan ini kata Endar, sejumlah penertiban yang bekerja sama dengan instansi terkait sudah dilakukan di tahun 2020,tetapi belum bisa membersihkan keberadaan gepeng dan anak jalanan di Kota Medan.  

"Karena terdapat sejumlah kendala yang tidak mudah kita atasi," katanya.

Menurut Endar, salah satu kendala yang dialami adalah tidak adanya rumah perlindungan sosial. Padahal sangat penting untuk sarana membina para gepeng dan anak jalanan yang telah ditertibkan.

"Selama ini, usai ditertibkan dan dibina seadanya, mereka dikembalikan ke orang tua masing-masing dan keluarganya. Sehingga tidak ada efek jera. Inilah yang membuat kami dilema. Ditambahkannya kendala tidak memiliki penyidik PNS membuat pembinaan kurang efektif," terangnya.

Namun kendati demikian  lanjutnya, pihaknya terus berusaha maksimal menangani persoalan sosial ini, salah satunya berkoordinasi dengan Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kota Medan untuk segera merealisasikan pembangunan rumah perlindungan sosial yang sudah direncanakan sejak lama. Di tahun 2021 ini, tahap awal pembangunan rumah perlindungan sosial sudah ditampung di APBD sebesar Rp4,5 miliar dari total dana yang dibutuhkan sebesar Rp40 miliar.

Kalau sudah ada rumah perlindungan sosial ini, nantinya anak jalanan dan pengemis akan dibina sesuai dengan talentanya, sehingga nantinya mereka akan memiliki bekal jika akan ingin melanjutkan terjun ke dunia kerja.

“Selain itu , saya juga berharap, masyarakat tidak memberi di jalanan melainkan langsung ke tempat-tempat resmi jika ingin bersedekah. Sebab ini juga merupakan salah satu penyebab makin maraknya gepeng dan anak jalanan di Kota Medan,” pungkasnya.

 

(Medan)

 

 

Belum ada Komentar untuk "Kota Medan Akan Miliki Rumah Perlindungan Sosial"

Posting Komentar

Sekdaprov Sumut Serahkan Bantuan ke Sejumlah Panti Asuhan

Lensamedan – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho mengunjungi sejumlah Panti Asuhan. Dalam kunjungan yang digelar...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel