DPRD Medan : Dinas PU Harus Maksimalkan Kinerja Ditengah Keterbatasan Anggaran

Lensamedan- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan meminta Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan untuk melakukan pekerjaan super prioritas di tahun anggaran 2021. Ini mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki pada masa pandemi yang masih melanda Kota Medan.

Anggota Komisi IV DPRD Medan Hendra DS mengingatkan supaya Dinas PU tetap memaksimalkan kinerja dalam kondisi yang masih serba terbatas tahun ini.

"Dengan anggaran yang terbatas di tahun ini,  kita minta kepada Dinas PU untuk fokus mengerjakan skala prioritas yang menjadi kebutuhan dalam perbaikan drainase dan jalan di setiap kelurahan," ujar Hendra DS, Rabu (6/1/2021).

Politisi Hanura ini mengungkapkan, sudah mendapat bocoran pada April mendatang Kementerian PUPR akan melaksanakan pengerjaan normalisasi tiga sungai yang ada di Kota Medan. Selain itu akan turun juga kucuran dana dari pemerintah pusat berupa Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus yang jumlahnya cukup besar di 2021 ini.

"Dengan adanya kolaborasi anggaran daerah dan pusat kita yakini pembangunan di Medan akan dapat mengejar ketertinggalan kota ini dengan kota besar lainnya," katanya.

Anggota Komisi IV lainnya, Dedy Aksyari Nasution juga menyatakan hal senada. Ia juga menekankan, sesuai dengan APBD yang sudah disahkan, sebaiknya Dinas PU fokus dalam penanganan masalah banjir di beberapa titik yang ada di Kota Medan serta melaksanakan pembangunan drainase yang terkoneksi.

"Jangan hanya mengerjakan tambal sulam jalan yang masih baik kondisinya, sementara masalah banjir tidak teratasi dari tahun ke tahun," tegas politikus Partai Gerindra itu.

Diketahui sebelumnya, Dinas PU Kota Medan telah menyiapkan sejumlah rencana kerja yang siap untuk direalisasikan di tahun ini. Adapun sejumlah rencana dimaksud yakni perbaikan fungsi jalan, fungsi drainase dan fungsi trotoar. Tak cuma fokus di situ, Dinas PU Medan juga akan memaksimalkan anggaran yang ada untuk melakukan berbagai pembangunan lainnya.

Untuk pembangunan jalan, fokus dalam pembangunan akses yang menghubungkan antarwilayah dalam Kota Medan, antara lain lanjutan pembangunan Jembatan Titi Dua Sicanang.

Sedangkan dalam meningkatkan kenyamanan dan memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan jaringan jalan di Kota Medan, Dinas PU akan fokus pada perbaikan dan rehabilitasi beberapa ruas jalan di Kota Medan.

Begitupun untuk drainase, Dinas PU akan mengurangi titik-titik banjir dan genangan dengan melaksanakan rehabilitasi dan perbaikan jaringan drainase, normalisasi saluran drainase dan pembersihan drainase.

“Karena fungsi drainase ini kan cukup berpengaruh dalam mengatasi banjir di Kota Medan. Itu makanya kita akan memaksimalkan anggaran yang ada untuk bisa mencakup semua itu. Total anggaran untuk Dinas PU di tahun 2021 ini ada sekitar Rp300-an miliar," demikian Kepala Dinas PU Medan, Zulfansyah Ali Saputra.

 

(Medan)

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "DPRD Medan : Dinas PU Harus Maksimalkan Kinerja Ditengah Keterbatasan Anggaran"

Posting Komentar

Atasi Abrasi Semakin Parah, Pemdes Bandar Rahmat Lakukan Aksi Gotong Royong

Lensamedan - Pemerintah Desa (Pemdes) Bandar Rahmat, kecamatan Tanjung Tiram, kabupaten Batu Bara gotong royong untuk mencegah terjadinya ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel