Disaksikan Tiga Menteri, Tanoto Foundation Kukuhkan 170 Mahasiswa Peserta Program TELADAN 2021

Lensamedan- Tanoto Foundation mengukuhkan 170 peserta program TELADAN angkatan 2021 secara daring, Jumat (29/1/2021).

Peserta program, yang lebih dikenal sebagai Tanoto Scholars yang dikukuhkan  ini merupakan hasil seleksi daring dari 10.895 pendaftar dan telah melewati tiga tahap seleksi yakni seleksi administrasi, tes potensi kepemimpinan, dan wawancara.

Selanjutnya, Tanoto Scholars mendapat pelatihan pengembangan potensi melalui pelatihan kepemimpinan berjenjang dan monitoring terstruktur, dukungan untuk aktif menjalankan kegiatan sosial, juga kesempatan membangun jejaring dengan Tanoto Scholars lain dan alumni, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Program TELADAN juga memberikan beasiswa berupa biaya kuliah yang dibayarkan seratus persen dari semester dua hingga lulus dan uang saku setiap bulan. 

CEO Tanoto Foundation Satrijo Tanudjojo dalam sambutnya mengatakan, melalui program ini, Tanoto Scholars ingin mencetak pemimpin yang berkarakter unggul, bertanggung jawab, dan mampu menghadapi tantangan di masa depan. Juga memiliki integritas, peduli sesama, inovatif, ketekunan dan daya juang (grit), jiwa pemberdaya dan berwawasan internasional, motivasi kuat, serta sikap wirausaha adalah beberapa kompetensi dan nilai utama di dalam berinteraksi dengan orang lain. Nilai-nilai itulah yang menentukan perkembangan para pemimpin masa depan. 

"Kompetensi dan nilai-nilai kempemimpinan tersebut dibangun dalam diri Tanoto Scholars. Harapan saya, Indonesia akan segera bertambah 170 calon pemimpin masa depan lagi, dimulai pada hari ini,” ujar Satrijo Tanudjojo dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (30/1/2021). 

Acara pengukuhan tersebut juga dihadiri Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Rektor Institut Pertanian Bogor Arif Satria, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Andalas Insannul Kamil, yang turut memberikan motivasi kepada Tanoto Scholars. 

“Ini merupakan sebuah kepercayaan untuk Tanoto Scholars, juga sebuah tanggung jawab, tidak hanya menyelesaikan kuliah dengan baik, tetapi juga berkontribusi terhadap bangsa dan negara. Saya ingin berbagi tiga hal, yaitu pentingnya pantang menyerah, termasuk dalam menghadapi krisis; pentingnya menangkap peluang di tengah tantangan; dan pentingnya menjaga solidaritas dan persatuan,” kata Retno Marsudi.

“Saya sangat mengapresiasi Tanoto Foundation yang terus berkontribusi terhadap pendidikan Indonesia. Program TELADAN ini mencetak para pemimpin, yang sesuai namanya, memberikan contoh atau teladan yang baik atas apa yang ia lakukan, dan menjadi agent of change bagi kemajuan Indonesia,” kata Sandiaga Uno.

“Ilmu yang didapat mahasiswa di kampus saya perkirakan hanya 35%, sisanya didapat di luar kampus, seperti organisasi. Dengan berorganisasi, kita bisa mengalami dan belajar langsung ilmu-ilmu yang tidak kita dapatkan di kampus, termasuk leadership. Program TELADAN menjadi salah satu wadah yang tepat bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan sehingga kelak bisa berkontribusi terhadap bangsa dan negara,” kata Bahlil Lahadalia.

Program kepemimpinan yang diinisiasi Tanoto Foundation sejak 2006 ini ditujukan untuk mahasiswa Strata-1 berprestasi dari sembilan perguruan tinggi mitra. Hingga saat ini, program ni telah memberikan manfaat kepada lebih dari 7.820 Tanoto Scholars. 

Untuk info lengkap mengenai Program Pemimpin Masa Depan Tanoto Foundation, kunjungi tautan berikut https://www.tanotofoundation.org/id/pemimpin-masa-depan/pengembangan-kepemimpinan-indonesia/teladan/. (*)



(Jakarta)
 

Belum ada Komentar untuk "Disaksikan Tiga Menteri, Tanoto Foundation Kukuhkan 170 Mahasiswa Peserta Program TELADAN 2021"

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel