Bantu Warga Korban Banjir Kalsel, ACT Segera Layarkan Kapal Kemanusiaan

Lensamedan- Aksi Cepat Tanggap (ACT) akan segera melayarkan Kapal Kemanusiaan untuk membawa warga yang banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) dimana sekitar 11 kabupaten/kota terendam banjir dan memaksa warga setempat mengungsi.

Presiden ACT Ibnu Khajar mengatakan, simultan dengan pemberangkatan Kapal Kemanusiaan Sulbar, ACT juga akan melayarkan Kapal Kemanusiaan menuju Kalsel pada akhir Januari ini dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Pelabuhan Trisakti, Kota Banjarmasin.

“Ribuan ton bantuan pangan yang akan kami kirimkan melalui Kapal Kemanusiaan akan meluaskan jangkauan bantuan pangan bagi korban banjir di Kalimantan Selatan yang hingga kini masih merasakan dampaknya,” jelas Ibnu Khajar, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (25/1/2021).

Director of Strategic Marketing & Communication ACT, Ardiansyah,mengatakan, ribuan ton bantuan pangan tersebut terdiri dari beras, air mineral, makanan instan, dan berbagai logistik. Selama pengumpulan bantuan pangan dan logistik ini, ACT membuka titik-titik Lumbung Peduli Kapal Kemanusiaan di 63 kantor cabang ACT di seluruh Indonesia. Bantuan yang terkumpul nantinya tidak hanya untuk Kalsel, namun juga untuk Sulbar.

“Lumbung Peduli Kapal Kemanusiaan akan menjadi pusat bantuan dan informasi. Selanjutnya, para relawan kami juga mengajak para tokoh, mitra, media, dan lainnya untuk mengajak kolaborasi yang kita sebut Lumbung Peduli Kapal Kemanusiaan di seluruh provinsi. Tiap cabang nantinya akan ada sekitar 10 Lumbung Peduli. Jika ditotal akan terbentuk sekitar 600 lumbung yang tersebar di berbagai wilayah,” jelasnya.

Selaras dengan persiapan keberangkatan Kapal Kemanusiaan Kalsel, ACT juga terus menyiapkan relawan untuk beberapa jenis tahapan. Pertama, relawan tanggap darurat, relawan untuk tahap relief- untuk persiapan logistik dan distribusi bantuan, dan terakhir relawan untuk pendampingan psikososial yang terdiri dari psikolog maupun para dai, untuk memberikan dukungan secara spiritual.

Hingga saat ini, terdapat 9 posko bantuan ACT untuk menangani banjir di Kalsel yaitu Posko Induk di Banjarmasin, posko Kabupaten Balangan, Posko Kabupaten Tabalong, Posko Hulu Sungai Tengah, Posko Kabupaten Tanah Laut, Posko Kabupaten Barito Kuala, Posko Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, dan Posko Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Secara terpisah, Marketing Communication ACT Sumatera Utara (Sumut) Ilham Moehammad mengatakan, hingga saat ini ACT Sumut masih terus mengumpulkan donasi yang akan disalurkan ke Sulbar dan Kalsel.

“Kita juga akan memberangkatkan Kapal Kemanusiaan, insya Allah diberangkatkan Februari. Saat ini masih proses pengumpulan donasi yang nilainya sudah mencapai ratusan juta Rupiah,” tutupnya. (*)

 

 

(Jakarta)

 

 

Belum ada Komentar untuk "Bantu Warga Korban Banjir Kalsel, ACT Segera Layarkan Kapal Kemanusiaan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel