Awal Tahun Baru 2021, Pasar Keuangan Berpeluang Turun

Lensamedan- Banyak kinerja bursa saham di dunia yang ditutup merah pada saat menjelang tahun baru 2021. Sehingga pada dasarnya sentimen di awal pekan ini tidaklah jauh berbeda dengan kondisi pasar keuangan saat penutupan akhir tahun. Namun, ada potensi di awal pekan ini kinerja IHSG akan membaik dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya.

Analis Keuangan Sumatera Utara (Sumut) Gunawan Benjamin mengatakan, dari beberapa sentimen yang ada di pasar keuangan, seperti data pertumbuhan ekonomi Singapura, inflasi nasional serta sejumlah data lain, memungkinkan terjadinya penguatan pada pasar keuangan. Hanya saja yang menjadi persoalan seberapa jauh IHSG dan Rupiah akan menguat, mengingat sentimen pasar keuangan di awal pekan ini tidaklah begitu banyak.

"Kabar dari tanah air yang bisa menopang kinerja pasar keuangan adalah adanya pemulihan sektor manufaktur Indonesia selama Desember 2020. Hanya saja, data tersebut tidak sepenuhnya didukung oleh data-data lainnya karena memungkinkan terjadinya tekanan. China data manufakturnya juga akan dirilis di awal pekan ini," ujar Gunawan Benjamin di Medan, Minggu (3/1/2021).

Dan data tersebut kata Gunawan memperkirakan kalau selama bulan desember akan memburuk. Meskipun terbilang sangat tipis penurunannya. 

"Jadi saya melihat potensi pergerakan IHSG di awal pekan ini akan bergerak sideways dengan kecenderungan menguat. Meskipun selama sepekan kedepan, IHSG bisa saja akan mengalami tekanan karena sejumlah data penting lain dari banyak Negara yang akan dirilis berpotensi memburuk," katanya.

 

Untuk kinerja mata uang Rupiah, diperkirakan  akan bergerak dalam rentang 14.000 hingga 14.150 per US Dolar. Mata uang Rupiah diyakini masih akan bergerak dalm rentang angka yang tidak terlalu lebar. Awal tahun 2021 mungkin bukan menjadi kabar yang baik bagi para investor. Karena awal tahun ini masih ada beberapa masalah mendasar yang menghambat kinerja pasar keuangan. (Red)

(Medan)
 
 

Belum ada Komentar untuk "Awal Tahun Baru 2021, Pasar Keuangan Berpeluang Turun"

Posting Komentar

Pj Gubernur Rayakan HUT ke-76 Provinsi Sumut Bersama PPKS

Lensamedan - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Provinsi Sumut bersama Pemerl...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel