Temuan Pelanggaran Pada Pilkada Kemarin, Ada 5 TPS Di Sumut Melakukan PSU


 Lensa Medan-Pasca pilkada serentak pada Rabu 9 Desember 2020 lalu,  Bawaslu Sumatera Utara menetapkan ada 5 TPS di Sumatera Utara yang akan melakukan pemungutan suara ulang atau PSU  diantaranya di Kota Binjai,  kabupaten Serdang Bedagai,  Kabupaten Karo,  Tapanulis Selatan dan Kabupaten dan Mandailing Natal. 

Hal tersebut diungkapkan Komisioner Bawaslu Sumut Divisi Koordinator Pengawasan, Suhadi Sukendar Situmorang kepada sejumlah wartawan pada saat melakukan peninjauan lokasi PSU di tps 003, yang berada di kelurahan Berngam kecamatan Binjai Kota,  Kota Binjai  ( 12/ 12) Sabtu Siang didampingi ketua Bawaslu Kota Binjai serta ,  Arie Nurwanto dan komisioner dan Komisioner KPU Binjai Robby Efendi. 
   
Suhadi mengatakan hingga pukul 01.00 WIB malam tadi,  data yang mereka terima dari Bawaslu kabupaten kota di Sumatera Utara yang akan melaksanakan PSU ada 5 Kabupaten/ Kota,  diantaranya Kota Binjai,  Kabupaten Serdang Bedagei. Kabupaten  karo,  Tapanuli Selatan dan Kabupaten Mandailing Natal.

Namun madina masih belum menentukan jadwal kapan Pelaksanaan PSU di laksanakan karena masih menunggu hasil pleno dengan Pihak  KPU setempat. 

" hingga malam tadi ada 5 TPS di 5 kabupatenen kota di Sumut yang akan melakukan pemungutan suara ulang atau PSU,  sebab adanya ditemukan pelanggaran oleh pengawas TPS", ujar  Suhadi. 

Sementara itu,  sebab dilakukan PSU ada beragam,  diantaranya ada formulir c6 yang digunakan orang lain,  pemilih yang mencoblos lebih dari 1 kali serta kpps yang melakukan penghitungan suara sebelum waktu yang di tentukan pada pukul 13.00 WIB. 

" Ada beberapa penyebab dilakukan PSU,  diantaranya ada warga yang memilih lebih dari 1 kali,  c6 yang digunakan orang kain serta kpps yang terlalu cepat melakukan penghitungan", tegas komisioner Bawaslu Sumut. 

Diharapkan meski dilakukan pemungutan suara ulang,  antusias warga masih tetap tinggi,  agar pilkada secara serentak menghasilkan pemimpin - pemimpin yang amanah,  jujur dan dapat.mengayomi rakyatnya. ( Binjai).


Belum ada Komentar untuk "Temuan Pelanggaran Pada Pilkada Kemarin, Ada 5 TPS Di Sumut Melakukan PSU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel