Satgas Covid-19 Pastikan Penumpang Tanpa PCR Atau Rapid Antigen Tidak Bakal Lolos Masuk Sumut

Lensamedan- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memastikan penumpang yang tidak memiliki hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) atau Rapid Test Antigen (RTD-ag) tidak bakal bisa masuk ke wilayah Sumut.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah menyampaikan, hal ini karena dalam teknisnya, para penumpang yang akan melakukan perjalanan menuju Sumut pasti akan dimintai hasil pemeriksaan kesehatannya tersebut.

"Jadi jika tidak punya (PCR atau RTD-ag) tidak mungkin lolos pemeriksaan," ujar Aris Yudhariansyah, Selasa (22/12/2020).

Sedangkan  untuk penumpang dengan jalur darat, Aris menjelaskan, di perjalanan akan dilakukan pemeriksaan secara acak pada beberapa titik. Di mana penumpang akan diperiksa secara sampling, dan bila ada yang kedapatan positif Covid-19 akan langsung diisolasi.

"Jadi dilakukan pemeriksaan di tempat terhadap penumpang yang tidak memiliki hasil PCR atau RTD-ag," jelasnya.

Oleh karena itu, Aris mengimbau kepada pelaku perjalanan yang hendak masuk ke Sumut agar dapat mempersiapkan hasil PCR dan RTD-ag yang berlaku selama 14 hati di tempat asal dia melakukan perjalanan. Pemeriksaan tersebut, sambung dia, dapat diperoleh dari laboratorium maupun fasilitas kesehatan setempat penumpang melakukan embarkasi.

"Pemeriksaan tersedia di semua rumah sakit, termasuk juga di bandara. Begitu juga di Sumut," tutupnya. (Red)

 

(Medan)

 

 

 

 

 

 


Belum ada Komentar untuk "Satgas Covid-19 Pastikan Penumpang Tanpa PCR Atau Rapid Antigen Tidak Bakal Lolos Masuk Sumut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel