Pilkada Berlangsung, Harga Kebutuhan Pokok Tetap Stabil

Lensamedan- Harga sejumlah kebutuhan pokok di Sumatera Utara (Sumut) selama pilkada  berlangsung bergerak stabil. Dari pantauan pada hari ini, harga cabai merah masih berada dikisaran Rp37 ribu  hingga RP40 ribu per kilogram (kg). Cabai rawit berada dikisaran Rp40 ribuan per kg meskipun masih ada yang menjual Rp50 ribuan per kg. Bawang merah stabil dikisaran Rp27 ribuan per kg, sementara bawang putih stabil dikisaran Rp24 ribuan per kg.

Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumut Gunawan Benjamin mengatakan, untuk harga komoditas daging ayam stabil dalam rentang Rp 30 ribu hingga Rp 33 ribu per kg. Daging sapi tetap dalam rentang Rp105 ribu hingga Rp130 ribu per kg. Telur ayam stabil dikisaran angka 24 ribuan per Kg.

“Libur satu hari karena Pilkada tidak membuat efek besar terhadap perubahan sejumlah harga kebutuhan pokok,” ujar Gunawan Benjamin di Medan, Rabu (9/12/2020).

Gunawan mengatakan, dan dalam dua hari sebelumnya dimana cuaca lebih bersahabat, juga menjadi salah satu pemicu stabilnya sejumlah harga kebutuhan pokok pada hari ini. Dan harapan kedepan adalah tidak ada gejolak pada harga komoditas pangan mengingat ada beberapa wilayah yang sampai saat ini kerap dilanda hujan dengan intensitas tinggi.

Beberapa harga kebutuhan pokok memang masih bertahan mahal, salah satunya komoditas cabai. Tetapi memang sulit untuk menekan harganya seiring dengan cuaca yang kurang  bersahabat ditambah tren konsumsi yang meningkat di bulan Desember ini.

Pilkada pada hari ini juga tidak diikuti dengan penurunan aktifitas di pasar tradisional yang signifikan. Sejauh ini aktifitas ekonomi di pasar tradisional memang sedikit lebih sepi dibandingkan dengan hari biasa, akan tetapi, tidak seburuk penurunan kunjungan belanja pada hari libur panjang.

“Omset pada hari ini bisa saja mengalami penurunan meskipun dalam angka yang terbatas. Dan kita berharap tidak ada lagi banjir susulan yang bisa merusak keseimbangan pasar,” tutupnya. (Red)

 

 

(Medan)

 

Belum ada Komentar untuk "Pilkada Berlangsung, Harga Kebutuhan Pokok Tetap Stabil "

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel