PGN Raih Penghargaan Iconomics CSR Awards 2020

Lensamedan- PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mendapatkan penghargaan Iconomics CSR Awards 2020 atas peran aktifnya membantu pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19. Adapun kegiatan Coporate Social Responsibility (CSR) yang membawa PGN mendapatkan penghargaan ini yaitu inisiatif tanggap darurat Covid-19 dukungan kesehatan medis dan UMKM.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Iconomis atas apresiasi yang diberikan. Kami berharap, dari penghargaan ini dapat menambah semangat kami untuk terus berkontribusi kepada masyarakat dan lingkungan sekitar sebagai salah satu komitmen utama PGN dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan,” ujar Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama, (7/12/2020).

Rachmat menjelaskan, bantuan CSR yang masih terus disalurkan oleh PGN Group difokuskan untuk meringankan beban masyarakat dan tenaga medis. Selain bantuan CSR, PGN Group berupaya melaksanakan pengelolaan sosial dan lingkungan sekitar melalui program binaan ekonomi UMKM agar dapat membantu masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi.

“Melalui program binaan, harapannya perekonomian daerah tetap berjalan di tengah pandemi. Minimal dari UMKM itu sendiri dan masyarakat sekitar. PGN Group memiliki mitra binaan diantaranya UMKM yang memproduksi masker kain di Solo dan Komunitas Tuli Gresik, Resto Apung Seba di Sidoarjo, dan masih banyak lagi,” ujar Rachmat.

 

Founder&CEO Iconomics, Bram S Putro, menjelaskan bahwa apresiasi pada program CSR Ini sangat penting dan diharapkan dapat mendorong inovasi-inovasi dalam program CSR. Dengan demikian, CSR yang dilaksanakan oleh perusahaan-perusahaan dapat mempercepat pemulihan ekonomi maupun sosial akibat dampak Covid-19.

Apresiasi Iconomics Award 2020 diberikan kepada berbagai perusahaan berdasarkan riset kualitatif yang melalui 3 tahapan. Pertama, identifikasi perusahaan-perusahaan yang memiliki kegiatan CSR setahun terakhir. Kedua, media monitoring pemberitaan-pemberitaan mengenai kegiatan CSR perusahaan yang dimuat di media nasional sejak Januari 2020. Ketiga, analisa kegiatan CSR perusahaan berdasarkan pendekatan sukarela mengenai tanggung jawab sosial perusahaan.

“Sejak pandemi Covid-19 mulai masif melanda Indonesia, PGN Group juga mulai aktif dalam upaya pencegahan maupun penanganan. Mulai dari kampanye protokol kesehatan, bantuan sembako dan alat perlindungan diri untuk masyarakat, hingga bantuan APD untuk tenaga medis serta peralatan media di sejumlah rumah sakit. PGN juga menyalurkan gas bumi untuk mendukung kebutugan gas di dapur Wisma Atlet Kemayoran dialihfungsikan menjadi RS Darurat Covid-19,” ujar Rachmat.

 

Rachmat mengungkapkan bahwa PGN Group masih terus memetakan penyaluran bantuan dalam penanganan Covid-19 di berbagai wilayah. Sebagai bagian dari Holding Migas Pertamina, PGN ingin kehadiran bisnis PGN dapat memberikan kebermanfaatan yang langsung dirasakan oleh masyarakat sekitar.

“Di masa pandemi, PGN memiliki kapasitas lebih untuk dapat menyalurkan bantuan kepada masyarakay maupun tenaga medis, sehingga PGN akan terus pengoptimalkan privilege ini,” imbuh Rachmat.

Bantuan penanganan Covid-19 untuk masyarakat, tenaga medis, dan dukungan terhadap UMKM agar dapat bertahan dimasa pandemi ini, juga bagiaan dari upaya PGN bahwa dalam pengelolaan bisnisnya selalu memperhatikan triple bottom line atau 3 P, People, Planet, Profit/Prosperity. Komitmen menjalan peran CSR dalam mengelola sosial dan lingkungan di sekitar operasi PGN juga sesuai dengan implementasi prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG). Dengan demikian, kehadiran energi baik gas bumi PGN diharapkan dapat memberikan manfaat secara sosial maupun ekonomi untuk masyarakat sekitar. (Rel)

 

 

(Jakarta)

 

Belum ada Komentar untuk "PGN Raih Penghargaan Iconomics CSR Awards 2020"

Posting Komentar

CIMB Niaga-Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Permudah Donasi melalui OCTO Mobile

Lensamedan - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menjalin kerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk penerimaan pembayaran don...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel