Pelatihan Pertolongan Pertama Masa Pandemi Covid 19

Lensamedan- First Aider Herriansyah didampingi First Aider Sulviani memberikan pelatihan Bantuan Hidup Dasar ( BHD) - Resusitasi Jantung Paru ( RJP) di Markas Bersama Melinjo, Jalan Eka Rasmi, Kompleks Melinjo, Medan, Sabtu, (19/12/2020). 

First Aider, Herriansyah mengungkapkan, pada masa pandemi Covid 19 saat ini, dalam melakukan pertolongan pertama BHD dan RJP pada korban yang tidak dikenal atau tidak mengetahui riwayat kesehatan korban, dianjurkan kepada penolong agar meminimalisir dalam menyentuh korban.

"Pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta tentang pertolongan pertama" ungkap Herri.

Herriansyah menambahkan, Kejadian henti napas dan henti jantung dapat terjadi di mana saja dan kapan saja, serta dapat menimpa siapa saja. Bila seseorang yang mengalami henti napas dan henti jantung tidak ditangani dengan cepat dan tepat, maka otak dan jantung akan mengalami kematian dalam waktu 4-6 menit. Sehingga sangat penting kita memahami cara melakukan Bantuan Hidup Dasar yang tepat.

"Bantuan Hidup Dasar  adalah serangkaian usaha awal untuk mengembalikan fungsi pernafasan dan atau sirkulasi pada seseorang yang mengalami henti nafas dan atau henti jantung", ujarnya.

Pelatihan yang diselenggarakan  atas kerjasama dari Teratai Rescue, Pewarta Foto Indonesia ( PFI) Medan, Vertical Rescue Indonesia Wilayah Sumut dan Sumatra Tropical Forest Jurnalism (STFJ) tersebut dihadiri peserta dari anggota Pramuka, penggiat lingkungan, Mapala dan relawan kemanusiaan. 

"Panitia menyelenggarakan pelatihan first aid ini secara tatap muka dan online, serta membatasi peserta yang hadir guna mematuhi protokol kesehatan Covid-19," demikian Herriansyah. (Rel)


(Medan)

 

Belum ada Komentar untuk "Pelatihan Pertolongan Pertama Masa Pandemi Covid 19"

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel