Muryanto Amin Terpilih Jadi Rektor USU, Sofyan Tan : Ini Kepercayaan Besar untuk Tokoh Muda

Lensamedan- Komisi X DPR RI menyambut baik terpilihnya Dr. Muryanto Amin sebagai Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) periode 2021-2026 setelah meraih suara terbanyak pada Pemilihan Rektor yang berlangsung Kamis (3/12/2020).

Anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan mengatakan, terpilihnya Muryanto Amin  diyakini merupakan satu kepercayaan yang besar terhadap tokoh muda yang memiliki integritas dan kredibilitas yang baik.

selama ini  Muryanto Amin memang dikenal memiliki track record yang tidak tercela, dan hingga saat ini diyakini memiliki idealisme serta tetap konsisten dalam semangat untuk memperbaharui USU kedepan.

"Saya melihat adanya konsistensi benang merah antara Muryanto Amin dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dipimpin oleh menteri yang muda juga," ujar Sofyan Tan, Kamis (3/12/2020).

Dikatakannya, sebagai sosok muda, Muryanto diharapkan bisa membuat satu perubahan yang mendasar di dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Sumut khususnya dan di Indonesia umumnya. Apalagi di  masa kepemimpinan Runtung Sitepu, USU  telah berhasil memperbaiki peringkat di tingkat nasional. Artinya, lompatan besar yang dilakukan Runtung itu harus dilanjutkan oleh Muryanto dengan membawa USU masuk peringkat 500 universitas dunia.

"Sebagai propinsi terbesar di luar Pulau Jawa, Muryanto bisa mengambil momen untuk bisa membuat sejarah USU berada di posisi 5 besar dan kemudian masuk daftar 500 universitas dunia," kata Politisi PDI Perjuangan ini.

Sofyan Tan yang mewakili daerah pemilihan Sumut 1 berharap, sebagai rektor baru, Muryanto bisa memberikan afirmasi kepada kabupaten/kota yang pembangunan SDMnya kurang maju.

"USU harus bisa memberikan tempat kepada mahasiswa dari daerah tertinggal, terluar dan termiskin untuk bisa menikmati pendidikan di USU," ucapnya.

Di samping itu, Muryanto juga diharapkan bisa  mendorong peningkatan kualitas riset sehingga berguna untuk pembangunan industri yang berada di Sumut, khususnya industri pariwisata mengingat kawasan Danau Toba masuk 5 destinasi pariwisata super prioritas.

"Dengan demikian maka akan ada perbaikan kesejahteraan masyarakat Sumut," tuturnya.

Muryanto Amin yang saat ini menjabat Dekan FISIP meraih 18 suara atau 57,75 persen mengalahkan Prof. Farhat yang meraih 11 suara atau 35, 75 persen. Sementara Prof. Amir Nasution mendapat 2 suara atau 6,5 persen. (Red)
 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Muryanto Amin Terpilih Jadi Rektor USU, Sofyan Tan : Ini Kepercayaan Besar untuk Tokoh Muda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel