Dinilai Langgar Perintah Dinas, Anggota Lanud Soewondo Jalani Sidang Disiplin

Lensamedan- Anggota TNI AU yang bertugas di Lanud Suwondo, Serka Bambang Suprapto menjalani sidang disiplin  yang digelar Lanud Soewondo, Selasa (29/12/ 2020). 

Dalam sidang tersebut, Komandan Lanud (Danlanud) Soewondo, Kolonel Pnb JH Ginting selaku hakim disiplin memberikan putusan hukuman di hadapan pelanggar Serka Bambang Suprapto yang telah terbukti melakukan perbuatan yang tidak pantas dilakukan oleh seorang prajurit TNI. Pelanggaran disiplin yang dilakukan yaitu melanggar perintah dinas dengan tidak menjalankan kewajiban dalam pengamanan aset Lanud Soewondo.

"Serka Bambang Suprapto terbukti melanggar hukum disiplin murni sebagaimana diatur dalam pasal 9 Undang-undang Nomor 25 Tahun 2014 Jo Peraturan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor 25 Tahun 2017. Atasan berhak menghukum dan telah menetapkan anggota tersebut bersalah melakukan pelanggaran disiplin dan sejenisnya serta mendapatkan hukuman disiplin dengan penahanan disiplin ringan selama 14 hari," ujar Danlanud Soewondo seusai sidang disiplin.

Danlanud mengatakan, tujuan sidang disiplin ini dimaksudkan untuk memberikan efek jera kepada terhukum agar tidak mengulangi lagi perbuatannya yang tercela.

"Sidang ini juga dapat menjadi contoh dan pelajaran bagi prajurit Lanud Soewondo yang lain agar tidak sekali-kali melakukan pelanggaran disiplin," tegasnya.

Sidang disaksikan oleh para Kepala Dinas, Kepala Seksi, dan Perwira. Menurut Kepala Hukum Lanud Soewondo Kapten Sus Helmy Wardoyo, sidang ini dihadiri hanya oleh anggota militer dengan pangkat Sersan Kepala ke atas. Hal itu disebabkan oleh adanya etika militer, bahwa untuk menghukum seorang militer minimal pangkat harus sama dengan terhukum. (Rel)

 

(Medan)

 

Belum ada Komentar untuk "Dinilai Langgar Perintah Dinas, Anggota Lanud Soewondo Jalani Sidang Disiplin"

Posting Komentar

Tarif Parkir Sepeda Motor Mahal, Pengunjung Grand City Hall Minta Ada Perubahan Kebijakan

Lensamedan - Sejumlah wartawan yang melakukan peliputan di Hotel Grand City Hall merasa keberatan atas tarif yang dikenakan untuk sepeda mot...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel