Bantu Naikkan Omset Konveksi Usaha Kecil Melalui Pelatihan Manajemen Produksi dan Penjualan

Lensamedan- Pelaku konveksi usaha kecil khususnya seragam sekolah yang berada di Kelurahan Binjai, Medan Denai, perlu didorong untuk meningkatkan omsetnya. Upaya peningkatan dilakukan melalui manajemen produksi dan penjualan.

Dosen Politeknik Negeri Medan (Polmed) Ismi Affandi SE Ak MSi mengatakan, selama ini pendapatan usaha mikro di daerah tersebut tersebut masih belum maksimal, salah satunya konveksi yang dikelola Relnita dan Agus Rizal. Padahal, keberadaan usaha mikro itu cukup membantu atau berkontribusi terhadap masyarakat sekitarnya.

"Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian kemitraan masyarakat terhadap pengusaha mikro tersebut beberapa waktu lalu, diketahui hanya memiliki dua mesin jahit dan satu mesin jahit pinggir. Jika ingin menambah pekerja, maka harus menambah mesin jahit. Sementara penjualan selalu habis terutama awal masuk sekolah, kecuali saat ini karena terjadi pandemi Covid-19," ujar Ismi yang juga selaku ketua tim pengabdian, Rabu (2/12/2020).

Di samping itu, pemasaran seragam sekolah tidak hanya di Kota Medan tapi sampai ke Tebing Tinggi, Balige, Tarutung hingga Langsa dan Lhokseumawe (Aceh). Namun, pemasaran masih secara konvensional. Penjualan diantar langsung dan ada 3 orang agen yang datang mengambil barang.

Selain itu, untuk harga pakaian seragam juga sangat murah karena takut tidak laku jika bersaing dengan produk lain. Bahkan, biaya perjalanan mengantarkan barang sering tidak dimasukkan dalam perhitungan harga pokok penjualan.

"Oleh karena itu, solusi yang dilakukan untuk meningkatkan omset penjualan dengan memberikan tambahan mesin jahit agar dapat menambah pekerja dan produksi. Selanjutnya, memberikan pelatihan perhitungan harga pokok penjualan agar usaha konveksi lebih detail memahami berapa harga jual yang pantas dan tetap bisa bersaing," terang Ismi didampingi anggota tim pengabdian, Anggiat Situngkir SE Ak MSi dan M Rikwan ES Manik SE ME.

Dia melanjutkan, solusi lain juga dilakukan dengan memberikan pelatihan pemasaran secara online. Sebab, pada era saat ini pemasaran online menjadi satu kebutuhan apalagi menghadapi wabah virus corona yang tengah terjadi.

"Pemasaran online akan mengenalkan usaha konveksinya kepada orang lain, sehingga menambah agen dan penjual baru di daerah. Pemesanan barang dan produk melalui foto, tidak perlu lagi keluar kota. Hal ini akhirnya dapat meningkatkan omzet penjualan sekaligus meningkatkan laba," pungkasnya. (Red)


(Medan)
 

Belum ada Komentar untuk "Bantu Naikkan Omset Konveksi Usaha Kecil Melalui Pelatihan Manajemen Produksi dan Penjualan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel