Sofyan Tan : Guru Harus Jadi Garda Terdepan Sosialisasikan Pentingnya Pancasila

Lensamedan- Pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari masih menjadi satu kewajiban jika masih ingin mempertahankan Indonesia sebagai negara kesatuan.


Untuk itu menurut anggota MPR RI Sofyan Tan, sudah sepatutnya masyarakat memahami secara detail tentang sila-sila yang termaktub dalam Pancasila.

"Sila soal Ketuhanan  yang Maha Esa. Di sana diatur bahwa setiap warga negara berhak menjalankan ibadahnya tanpa harus diganggu. Dan ini sudah saya praktekkan di sekolah saya," ujar Sofyan Tan pada saat sosialisasi empat pilar dihadapan seratusan peserta yang berprofesi sebagai guru, Selasa (24/11/2020).

Selain itu kata Sofyan, dalam menjalankan sekolahnya, mereka juga menerapkan sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dalam menjalankan program Anak Asuh.

"Setiap yang berhak menjadi anak asuh, pasti kita pilih, apa pun suku dan agamanya. Dan selama 33 tahun sekolah saya berdiri,saya sudah miliki hampir 5000 anak asuh," kata Sofyan.

Dikatakan politisi PDI Perjuangan ini, masyarakat Indonesia dulunya terbiasa menerapkan musyawarah dalam mengambil keputusan yang sulit untuk mengambil mufakat. Hanya saja saat ini, banyak yang memilih membentuk kelompok tandingan jika tidak setuju dengan hasil keputusan atau pun kalah voting.

"Dalam kehidupan bapak-ibu guru kan juga menjalankan ini, pada saat mengusulkan anak didik yang butuh mendapatkan bantuan bea siswa," katanya lagi.

Untuk itu Sofyan Tan berharap, menjelang Hari Guru ke 75, para guru tetap memiliki semangat mengamalkan dan mensosialisasikan  Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. (Red)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Sofyan Tan : Guru Harus Jadi Garda Terdepan Sosialisasikan Pentingnya Pancasila"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel