Laporan ke KPU, Dana Kampanye Paslon AMAN Rp1 Miliar, Sementara Paslon Bobby-Aulia Rp2,3 Miliar

Lensamedan- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan telah menerima laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) dari dua pasang calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan.

Dari pengumuman KPU Medan nomor 1092/PL.02.5-Pu/1271/KPU-Kot/XI/2020 , pasangan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi (AMAN) melaporkan sumbangan dana kampanye mereka sebesar Rp1.035.000.000.

Jika dirinci,  sumbangan itu berasal dari sumbangan pasangan calon Rp100 juta dalam bentuk uang, dan Rp157.800.000 dalam bentuk barang. Selain itu ada pihak lain perseorangan yang menyumbang ke AMAN sebesar Rp 1.025.000 dalam bentuk uang dan Rp 445.030.000 dalam bentuk barang. Sumbangan pihak lain berbadan hukum dalam bentuk uang tunai Rp100 juta.

Sedangkan, untuk Paslon nomor urut 2, Bobby Nasution-Aulia Rachman diketahui melaporkan penerimaan sumbangan dana kampanye yang lebih besar ketimbang AMAN, dengan jumlah sumbangan mencapai Rp 2,3 miliar. Sumbangan itu  yang bersumber dari sumbangan koalisi partai politik Rp 1,5 miliar dan Rp 800 juta dari Paslon.

Anggota KPU Medan Zefrizal mengatakan, setelah menerima LPSDK, maka untuk selanjutnya Paslon juga harus melaporkan Laporan Penerimaan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK).

 “LPPDK itu  paling lambat harus dilaporkan 6 Desember atau 3 hari sebelum pemungutan suara pada 9 Desember 2020. Kalau lewat atau terlambat dijatuhi sanksi diskualifikasi," ujar Zefrizal, Selasa (3/11/2020).

Zefrizal juga mengatakan, selain ada aturan yang mewajibkan melaporkan LPPDK, juga ada aturan pembatasan pengeluaran dana kampanye yang harus dipatuhi karena juga bisa didiskualifikasi pelanggarnya.

"Jadi  ada dua hal yang menyebabkan paslon bisa didiskualifikasi. Pertama terlambat menyerahkan LPPDK dan yang kedua, mengeluarkan biaya kampanye lebih dari Rp 36 miliar," pungkasnya. (Red)

 

(Medan)

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Laporan ke KPU, Dana Kampanye Paslon AMAN Rp1 Miliar, Sementara Paslon Bobby-Aulia Rp2,3 Miliar"

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel