Ketua Komisi III, Amat Mukthas : Walaupun Ada Program Baru, Namun Kegiatan Lama Tetap di Pertahankan

 

Foto : Kadisdik  Batu Bara, Ilyas Sitorus (6/11).

Lensamedan -Keberadaan Dewan Pendidikan di Kabupaten Batubara walaupun tidak maksimal di dukung melalui anggaran dinas pendidikan, namun tidak mengurangi semangat dalam memberikan dukungan kepada dinas pendidikan.


Hal tersebut dikatakan Kadisdik  Batu Bara, Ilyas Sitorus saat membuka kegiatan penyelenggaraan pendidikan di massa Pandemi Covid-19 bertempat di Aula Dinas Pendidikan Perupuk, Jum'at 6/11/20.

Masih menurut Ncekli Safaan akrab Kadisdik Batu Bara ini bahwa peran dan fungsi Dewan Pendidikan selain memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan. Disamping itu juga memberikan dukungan baik dalam bentuk pemikiran maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan, papar Ilyas.

Dewan Pendidikan Juga melakukan kontrol (Controlling Agency) dalam rangka transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pendidikan serta sebagai mediator antara pemerintah (Eksekutif) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Legislatif) maupun Masyarakat melalui Komite Sekolah, ujar Mantan Kepala Biro Humas Dan keprotokolan Pemprovsu ini.

Ilyas juga menyampaikan beberapa program kegiatan maupun kebijakan Dinas Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Khusus menyangkut pembelajaran tatap muka yang sudah dilaksanakan sejak 7 September sampai dengan saat ini sudah ada 162 UPTD SD dan SMP Negeri dan Swasta yang menyelenggarakannya dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan dalam bidang pendidikan dengan sangat Ketat, tambahnya.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Batu Bara Zainal Alwi mengatakan, Dalam era revolusi industri 4.0, sistem pendidikan nasional dihadapkan pada tantangan yang amat kompleks tetapi menarik. 
 
Oleh karena itu, kita sebagai tenaga pendidik dan kependidikan harus melakukan Transfer of knowledge. Dan dalam mengelola pendidikan yang akan memberikan kepada peserta didik kita, kita dituntut tidak boleh gaptek, ujar Zainal.

Kita harus  berubah mau tidak mau apalagi dalam suasana Pandemi Covid ini. Kita harus mampu dari semula menjadi pemberi pengetahuan menjadi mentor, fasilitator, motivator, inspirator, pengembang imajinasi, kreativitas, nilai-nilai karakter, serta team work dan empati sosial karena nilai-nilai itulah yang tidak dapat diajarkan oleh mesin., papar Zainal.

Pendidikan Tatap Muka Yang sedang berlangsung di Batu Bara ini harus kita dukung bersama dengan mengedwoankan Protokol Kesehatan dalam Bidang Pendidikan, ujar Zainal.

Sementara Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Batu Bara, Amat Mukthas meminta Dinas Pendidikan dan Komisi III DPRD untuk bersama memberikan perhatian lebih bagi guru-guru Non ASN. Amat Mukthas juga mendukung pendataan yang telah dilakukan Dinas Pendidikan terhadap guru-guru Non ASN kita,  begitu juga dengan beberapa rencana kegiatan baik di tahun 2021.
 
Namun Komisi III DPRD tetap mendorong Dinas Pendidikan untuk tetap memperhatikan kesejahteraan guru-guru maupun tenaga administrasi yang ada di sekolah, mengingat banyak program baru ke depan yang sebelumnya tidak ada, paparnya.

Menurut Mukthas ada beberapa program baru pada dinas pendidikan di tahun 2021 sebagaimana di sampaikan Kadisdik pada saat pembahasan KUA-PPAS pada bulan Oktober lalu, seperti ikut bersama OPD lainnya dalam penataan Desa Bandar Rahmad, Bantuan lauk pauk dan kegiatan lainnya. Kami Komisi III yang merupakan mitra kerja Dinas Pendidikan berharap agar tetap mempertahankan kegiatan yang selama ini sudah ada, harap Mukthas.

Ketua Panitia Kegiatan Peningkatan Pendidikan di Massa Pandemik Covid-19 ini, Danil Gunawan Mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menerima berbagai informasi terkait pembelajaran di massa Pandemi Covid-19 bersama Dewan Pendidikan, juga ingin menginformasikan langsung kepada peserta bahwa apa yang sudah dilakukan dinas pendidikan bersama Dewan Pendidikan dalam tahun 2020 ini.

Masih menurut Danil kegiatan ini dikuti oleh Ketua MKKS, Ketua-Ketua K3S, Perwakilan PGRI,  Kepala Sekolah UPTD SD dan SMP,  Komite Sekolah,  Guru serta staf di lingkungan Dinas Pendidikan Batu Bara berlangsung selama dua hari,  ujar Kasubbag Program Disdik Batubara Danil.
 
Reporter : Rev
Editor : Diko

Belum ada Komentar untuk "Ketua Komisi III, Amat Mukthas : Walaupun Ada Program Baru, Namun Kegiatan Lama Tetap di Pertahankan"

Posting Komentar

Forwakum Sumut Jenguk Ketua Pewarta Polrestabes Medan

LensaMedan - Sebagai bentuk solidaritas sesama rekan jurnalis, Forum Wartawan Hukum (Forwakum) Sumatera Utara (Sumut) menjenguk Ketua Pewart...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel