Ilyas S Sitorus SE MPd : Kajian Pengembangan Muatan Lokal Adalah Keperluan Bersama

 

 
FOTO : Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus menerima penghargaan dari Dekan Fakultas Sastra, di ruang kerja Kadisdik, (19/11).
 
Lensamedan -


Sebagai tindak lanjut MoU antara Pemerintah kabupaten Batu Bara, dalam hal ini Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP dengan Rektor Universitas Islam Sumatera Utara Dr Yanhar Jamaluddin MAP, Dinas Pendidikan kbalilagi melakukan MoU yang hari ini dengan Fakultas Sastra Universitas Islam Sumatera Utara.
 
Hal tersebut di katakan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) kabupaten Batu Bara Ilyas S Sitorus SE MPd usai melaksanakan MoU bertempat di Ruang kerja Kadisdikkabupaten Batu Bara di Perupuk kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kamis (19/11/2020).
 
Menurut Kadisdik Ilyas, bahwa MoU kali ini khusus menyangkut tentang Pengembangan Muatan Lokal (PML) di kabupaten Batu Bara.
 
“Hal ini sangat perlu, karena Muatan Lokal dalam Kurikulum merupakan salah satu bentuk kepedulian untuk merupakan salah satu bentuk kepedulian untuk menanamkan dan menumbuhkan kearifan lokal dalam kehidupan. Dan ini merupakan sebentuk peluang untuk mengenalkan kearifan-kearifan lokal dalam bentuk representasi kehidupan yang lebih bermakna, “ beber Mahasiswa Program Doktor Managemen Pendidikan UNIMED ini.
 
Ncekliyang akrab disapa itu menyampaikan, kearifan lokal berfungsi untuk konservasi dan pelestarian Sumber Daya Alam (SDA), dan kearifan lokal juga berfungsi untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta dapat berfungsi juga sebagai pengembangan kebudayaan, dan ilmu pengetahuan dan juga berfungsi sebagai petuah, kepercayaan, sastra, dan pantangan.
 
“Kearifan lokal merupakan bagian dari budaya dalam masyarakat yang tidak dapat di pisahkan dari kalangan masyarakat itu sendiri yaitu lokal, ia juga dapat memanipulasi budaya dengan kehidupan ilmiah dan dapat memahami berbagai macam sains, “ tambah Kadisdik kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus.
 
Sementara itu, Dekan Fakultas Sastra Universitas Islam Sumatera Utara Dr. PurwantoSiwi. M.A mengatakan, MoU ini merupakan lanjutan MoU yang telah di bangun pada tanggal 12 Agustus 2020 yang lalu antara Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara dalam hal ini di tandatangani Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP bersama dengan Rektor Universitas Islam Sumatera Utara Dr.Yanhar Jamaluddin. M.AP di kampus UISU Jln SM Raja Medan.
 
“Kerja sama ini bertujuan untuk melaksanakan hubungan kerja kelembagaan dan ke keluargaan antara kedua belah pihak dalam mengembangkan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya bidang Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat, khususnya terkait dalam bentuk kajian pengembangan muatan lokal di kabupaten Batu Bara, “ papar Purwanto.
 
Kami berharap dukungan dari semua pihak, sehingga Kajian Pengembangan Muatan Lokal (KPML) di Batu Bara ini dapat menjadi ke kayaan kitabersama sekaligus sebagai bekal buat anak cucu dan keturunan kita kelak, “ pinta Purwanto.
 
Turut hadir dalam pertemuan tersebut selain Kadisdik Batu Bara Ilyas S. Sitorus.SE.M.Pd, Kabid Kebudayaan Hj Halimah, Kabid PNFI dan PAUD Azwar, Kasubbag Umum Ahmadi serta dari pihak Fakultas Sastra UISU Hadir Dekan Fakultas Sastra Universitas Islam Sumatera Utara Dr H Purwanto Siwi MA, Puwarno SS MA (Wakil Dekan I) Akademik dan Dakwah Islamiah, Susi Eka Lestari SS MHum (Wakil Dekan II -Sumber Daya & Keuangan), Sri Wulan.SS.M.S (Wak Dekan III-Kemahasiswaan, Alumni &Kewirausahaan), Drs H Azmir Pasaribu MA (Mantan Wakil Rektor IV- Kerja sama 2012-2016). 
 
Reporter : Rev
Reporter : Diko

Belum ada Komentar untuk "Ilyas S Sitorus SE MPd : Kajian Pengembangan Muatan Lokal Adalah Keperluan Bersama"

Posting Komentar

Peringati HBP ke - 60, Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku Gelar Tabur Bunga

Lensamedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Labuhan Ruku menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemas...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel