Pertamina Gulirkan 11,9 Miliar untuk Kebangkitan UMKM, Rp5,4 Miliar Diserap Pelaku UMKM di Kawasan Danau Toba

Lensamedan- Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I gencar melakukan beragam upaya untuk membantu kebangkitan UMKM Sumatera Utara (Sumut). Salah satunya melalui perluasan akses permodalan bergulir super lunak yang disosialisasikan di hadapan para pejabat dinas koperasi dan pariwisata di tujuh kabupaten kota di sekitar Danau Toba, pada hari Kamis (8/10/2020) lalu.

Dalam kegiatan yang digagas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI itu, Unit Manager Communication, Relation and CSR Pertamina MOR I  Roby  Hervindo menjelaskan, Pertamina telah menyalurkan permodalan bergulir bagi UMKM di wilayah wisata Danau Toba tahap pertama sebesar Rp5,4 miliar. Melalui kegiatan sosialisasi ini,  Pertamina harapkan lebih banyak lagi UMKM yang mendapatkan akses permodalan lunak ini.

“Anggaran itu merupakan bagian dari  dana yang sudah kita salurkan untuk UMKM wilayah Sumut sebesar Rp6,2 milar,” ujar Roby melalui keterangan tertulis, Jumat (16/10/2020).

Roby mengatakan, selama masa pandemi, pihaknya memberikan keringanan bagi UMKM mitra binaan berupa penundaan pembayaran.

“Jadi UMKM yang kondisi usahanya sedang turun, untuk periode waktu tertentu dibebaskan dari kewajiban bayar cicilan pinjaman, tanpa dikenakan denda," kata Roby.

Disamping dukungan permodalan bergulir bagi UMKM, Pertamina juga melakukan pembinaan kepada kelompok-kelompok usaha yang berada di sekitar wilayah operasional Pertamina. Salah satunya, kelompok usaha binaan “Keramba Ayah Amanah” yang berada di ring satu wilayah Integrated Terminal (IT) BBM Medan Group di Belawan.

Kelompok yang sudah dirintis sejak tahun 2018 ini, bergerak dibidang pembudidayaan tambak ikan serta penjualan makanan hasil olahan dari ikan Siakap. Tidak tanggung-tanggung pada hari senin (12/10), kelompok yang beranggotakan lima orang ini berhasil memanen setidaknya 138 Kg ikan siakap (Kakap Putih)

“Dari 138 Kg ikan siakap yang dipanen, kelompok nelayan tersebut bisa memperoleh pendapatan ekonomi sebesar sembilan juta rupiah. Bukan itu saja, sebagian hasil panen akan diolah kembali menjadi menjadi Nugget ikan yang tentu saja nilai jualnya lebih tinggi,” ungkap Roby.

Pak Udin salah satu anggota kelompok ayah amanah, mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas pendampingan dari Pertamina selama ini.

“Keramba ini merupakan ujung tombak dari keberlangsungan kelompok,  baik dari sisi ekonomi maupun kesehatan di kampung nelayan,” katanya.

Hingga Oktober 2020, Pertamina MOR I telah menyalurkan dana permodalan Rp 11,9 miliar kepada pelaku UMKM di wilayah tugas MOR I yang mencakup Aceh, Sumut, Riau, Kepri dan Sumbar melalui Program Kemitraan (PK).

 

 

(Medan)

 

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Pertamina Gulirkan 11,9 Miliar untuk Kebangkitan UMKM, Rp5,4 Miliar Diserap Pelaku UMKM di Kawasan Danau Toba "

Posting Komentar

Pekan Ketiga Ramadan, Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Alami Penurunan

Lensamedan - Sejumlah harga kebutuhan pokok di Kota Medan mengalami penurunan pada pekan ketiga Ramadan.  Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pok...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel