Hand Sanitizer Berbahan Eucalyptus Kerjasama TPL dan IPTEK USU Resmi Diluncurkan, UKM Jurnalis Siap Jadi Distributor

Lensamedan- Produk Hand Sanitizer berbahan minyak Eucalyptus resmi diluncurkan. Produk itu dihasilkan atas kerjasama pihak PT Toba Pulp Lestari (TPL) dengan Pusat Kajian Iptek Eucalyptus Universitas Sumatera Utara (USU), dan UKM Jurnalis Bina Mandiri sebagai distributor produk tersebut.

 

Peneliti Pusat Kajian Iptek Eucalyptus USU, Muhammad Taufik mengatakan, produk ini sangat alami dan sangat aman untuk digunakan. Sebab, seluruh bahannya diambil dari proses ekstraksi bahan baku yang alami.

"Sangat aman untuk dipakai di tangan," ujarnya seusai peluncuran yang  berlangsung Jumat (9/10/2020).

Taufik menjelaskan, penelitian mengenai minyak atsiri dari tanaman Pohon Eucalyptus ini sudah mereka lakukan dalam waktu yang cukup lama. Total terdapat sekitar 17 senyawa yang bermanfaat terdapat dalam tanaman tersebut. Salah satu yang sudah mereka manfaatkan yakni untuk pembuatan hand sanitizer yang diluncurkan tersebut. Salah satu kendala dalam memproduksi minyak ini menurutnya hanya ketersediaan bahan baku yakni tanaman Pohon Eucalyptus.

“Jadi sebenarnya riset  untuk Eucalyptus dari akar, batang, daun hingga gulma yang hidup di sekitar tanaman sedang dan akan kita produksi. Karena bahan baku yang kita  butuhkan yakni Eucalyptol (1,8 cineole) yang merupakan senyawa aktif yang terdapat dalam daun eucalyptus selalu bisa disediakan PT Toba Pulp Lestari, karena tanaman ini merupakan sumber bahan baku utama produksi bubur kertas perusahaan tersebut,”jelas Taufik.

 

Sementara itu, Ketua Pusat Kajian Iptek Eucalyptus USU Profesor Zul Alfian, di tahap awal ini mereka mampu memproduksi  5 liter hand sanitizer  dalam seminggu.Tapi nantinya setelah ijin edar dan ijin produksi serta hak paten dilengkapi, maka produktivitas akan bisa ditingkatkan.

 

“Kalau sekarang, hand sanititizer ini kita produksi untuk kalangan internal dulu saja,” kata Zul Alfian.

 

Sementara itu, Manager Socap TPL Ir. Simon H. Sidabukke, M.Si yang hadir dalam peluncuran hand sanitizer menyebutkan, sejauh ini pihaknya dan USU belum menentukan harga jual hand sanitizer yang keseluruhannya menggunakan bahan baku alami ini.

 

“Karena yang terpenting bagi kami sebenarnya, produk ini bisa membantu masyarakat mengantisipasi pandemi Covid -19 ini. Jika nantinya memang terbukti bermanfaat, tidak ada salahnya kami menggandeng UKM Jurnalis Bina Mandiri untuk berperan sebagai bagian pemasaran,” ujar Simon.

 

Sementara itu, pihak UKM Jurnalis Bina Mandiri sendiri sangat menyambut baik menjadi bagian dari kerjasama antara PT TPL dan Iptek USU tersebut.

 

Mewakili UKM Jurnalis Bina Mandiri, Jonris Purba mengatakan pihaknya akan menjembatani distribusi hand sanitizer tersebut ke tengah-tengah masyarakat. Hal ini menurutnya sesuai dengan semangat dari UKM Jurnalis yang mengharapkan masyarakat mendapatkan informasi yang baik mengenai manfaat dari tanaman Pohon Eucalyptus yang dimiliki PT TPL, termasuk manfaat dari hand sanitizer terutama saat situasi pandemi Covid 19 seperti sekarang ini.

 

"Kami sangat yakin produk yang bermanfaat seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dan untuk hal yang baik dan bermanfaat, tentu kami juga harus berperan dalam memberikan edukasi dan manfaat dari hand sanitizer dari bahan baku pohon Eucalyptus kepada masyarakat," ungkapnya.

 

Peluncuran hand sanitizer yang berlangsung singkat dan terbatas tersebut, diakhiri dengan penyerahan secara simbolis hand sanitizer dari Pusat Kajian Iptek Eucalyptus USU kepada pihak PT TPL, yang diteruskan kepada perwakilan UKM Jurnalis Bina Mandiri untuk didistribusikan secara gratis kepada masyarakat.

 

(Medan)

 

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Hand Sanitizer Berbahan Eucalyptus Kerjasama TPL dan IPTEK USU Resmi Diluncurkan, UKM Jurnalis Siap Jadi Distributor "

Posting Komentar

Bully Siswa, Guru SMA Negeri di Tarutung Dilapor ke Polres Taput

LensaMedan - Guru SMA Negeri 3 Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), berinsial MT dilaporkan ke Polres Taput. Pasalnya, MT diduga mela...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel