RS Adam Malik   Coba  Pengobatan Covid-19 Lewat Metode Plasma Convalescent

Lensamedan- Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik  saat ini tengah menjajaki metode pengobatan pasien Covid-19 melalui plasma convalescent.


Direktur Utama (Dirut) RSUP Haji Adam Malik dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) menjelaskan, saat ini tim plasma convalescent itu sudah dibentuk, dan rencana kedepan, rumah sakit milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ini akan menjadi model penanganan efektif untuk kesembuhan pasien Covid-19.

"Jadi kita akan menjadi pusat plasma compalation. Kemarin juga sudah ada datang staf ahli Menteri untuk menguatkan ini," ujar Zainal Safri di RSUP Haji Adam Malik, Rabu (16/9/2020).

Zainal menjelaskan, plasma convalescent itu adalah dengan mengambil anti bodi pasien Covid-19 yang telah sembuh, untuk kemudian dimasukkan ke tubuh pasien yang masih sakit. Sebab, lanjut dia, kalau pasien Covid-19 yang sembuh sudah memiliki anti bodi, sehingga sifatnya dapat menguatkan.


"Artinya plasma convalescent ini mentransfer anti bodi. Itu sudah dilakukan, dan plasmanya dibawa dari RSPAD Gatot Subroto," jelasnya didampingi Direktur SDM, Pendidikan dan Umun Dr dr Fajrinur MKed (Paru) SpP (K) dan Direktur Keuangan Supomo SE MKes.

Sejauh ini kata Zainal, dibandingkan angka kematian, persentase kesembuhan pasien Covid-19 yang dirawat di RSUP Haji Adam Malik sudah mencapai 95%. Artinya, sebut dia, dari rata-rata 100 orang yang dirawat, hanya lima atau enam orang saja yang meninggal.

"Kalau pengobatan yang dilakukan selama ini ya sesuai standar protokol. Untuk yang khusus, anti virus aluvia kita juga ada, selain kedepan kita mau ke plasma convalescent," tutupnya.



(Medan)

Belum ada Komentar untuk "RS Adam Malik   Coba  Pengobatan Covid-19 Lewat Metode Plasma Convalescent"

Posting Komentar

Jerman Ingin Perkuat Kerjasama Lingkungan dan Kebersihan dengan Pemko Medan

LensaMedan - Sejumlah hal yang memungkinkan untuk dikerjasamakan antara Pemko Medan dan Pemerintah Jerman, terutama masalah lingkungan dan k...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel