Sinabung Masih Terus Erupsi


Lensamedan- Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara terus menunjukan aktivitas erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 2000 meter, Rabu (19/8/2020). Warga terus diimbau untuk untuk tetap waspada dan berhati-hati.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Badan Geologi dan PVMBG, Armen Putra mengatakan, erupsi terjadi pada Rabu dini hari, tepatnya pukul 00.54.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur dan tenggara," ujar Armen Putra ketika dihubungi, Rabu (19/8/2020).

Armen menyebutkan, erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi ± 39 menit 4 detik. Dengan status Gunung Sinabung level III atau Siaga. Ia mengingatkan masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

"Kemudian, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur dan 4 kilometer untuk sektor timur-utara," sebut Armen.

Armen mengimbau masyarakat untuk memakai masker bila keluar rumah ‎jika terjadi hujan abu, untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Kemudian, mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

"Sementaa masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," pungkasnya.


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Sinabung Masih Terus Erupsi"

Posting Komentar

Sekdaprov Sumut Serahkan Bantuan ke Sejumlah Panti Asuhan

Lensamedan – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho mengunjungi sejumlah Panti Asuhan. Dalam kunjungan yang digelar...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel