Erupsi Gunung Sinabung Belum Mau Berhenti, Kali Ini Ketinggian Abu Capai 5000 Meter


Lensamedan- Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo kembali mengalami erupsi pada Senin (10/8/2020) pukul 10.16 WIB. Sebelumnya, pada Sabtu pagi, gunung yang erupsi sejak 2010 itu juga sudah menyemburkan abu dengan ketinggian 2000 meter.

Berdasarkan data yang dikeluarkan KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Sinabung, erupsi terjadi dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 5000 meter di atas puncak. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intesitas tebal condong ke arah timur dan tenggara.

Saat ini Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi masyarakat dan pengunjung tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 kilometer (km) dari puncak Gunung Sinabung serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur dan 4 km untuk sektor timur-utara. 

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai- sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar. 

Selain itu, jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.




(Medan)


Belum ada Komentar untuk "Erupsi Gunung Sinabung Belum Mau Berhenti, Kali Ini Ketinggian Abu Capai 5000 Meter"

Posting Komentar

Tunggu Kebijakan Bank Indonesia, IHSG dan Rupiah Dibuka Menguat

Lensamedan – Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, keputusan BI rate yang akan diambil Bank Indonesia pada h...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel