Positif Covid-19 Naik Jadi 2.197 Orang


Lensamedan- Jumlah pasien positif Covid-19 di Sumut sudah mencapai 2.197 orang. Ini menunjukkan ada kenaikan 112 orang dari satu hari sebelumnya yang hanya 2.085. 

Sementara untuk jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) ada 1.696 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 260 orang. Pasien sembuh berjumlah 526 orang. 

"Sedangkan pasien yang meninggal dunia karena Covid-19 tetap sebanyak 116 orang," ujar Juru Bicara (Jubir) GTPP Covid-19 Provinsi Sumut, dr Aris Yudhariansyah dalam paparan update Covid-19 di Sumut, Jumat (10/7/2020). 

Aris mengatakan, dengan bertambahnya kasus penularan ini, tentunya masyarakat diingatkan kembali harus mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

"Protokol kesehatan adalah sesuatu yang bisa kita kerjakan. Karena diantaranya adalah membiasakan diri untuk mencuci tangan sesering mungkin, menggunakan sabun dengan air mengalir. Ini penting, karena ini menjadi kunci membunuh, merusak dan mematikan virus yang mencemari tangan kita," kata Aris.

Dijelaskannya, saat ini penularan paling banyak terjadi akibat hantaran tidak langsung. Sehingga meski saat ini masyarakat bisa melindungi diri dengan menggunakan masker untuk menghindari droplet, tetapi, cemaran pada benda disekitar masyarakat dan kemudian tidak sadar tersentuh dan kemudian tangan tercemar tersebut digunakan untuk memanipulasi mulut, hidung, mata, maka penularan tadi akan sangat efektif.

"Menggunakan masker juga penting, bagi seseorang yang memiliki virus di dalam dirinya bila ia bersin percikan ludah atau droplet itu akan lengket di segala benda. Maka akan dengan mudah menularkan pada orang sekitarnya. Droplet secara langsung bisa dihindari dengan berjaga jarak aman 1 sampai 2 meter. Tetapi sekali lagi kami sampaikan kita harus menerapkan ini secara keseluruhan. Maka harus menggunakan masker di barengi dengan rajin cuci tangan sehingga akan efektif," jelasnya. 

Oleh karena itu, masyarakat terus diimbau gunakan masker pada saat keluar rumah dan batasi waktu di luar rumah dan hindari kerumunan orang yang cukup banyak. Hindari berdesak-desakan di angkutan umum. 


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Positif Covid-19 Naik Jadi 2.197 Orang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel