Pergantian Kepala Dinas Pemprov Sumut Diharapkan Dapat Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tingkat SMA


Lensamedan-Pergantian Plt Kepala Dinas Pemprov Sumut Lasro Marbun yang ditunjuk menggantikan Dr Arsyad Lubis beberapa waktu lalu diharapkan dapat membangkitkan serta meningkatkan kwalitas pendidikan di daerah ini.

Hal itu, untuk mengejar dan mensetarakan  pendidikan khususnya tingkat SLTA di Sumatera Utara harus segera berbenah dan  bangkit mengejar ketertinggalan dari daerah lain. Sebab, saat ini, ditengarai banyak masalah yang terjadi di dunia pendidikan Sumatera Utara seperti masalah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sampai dengan masih tingginya angka putus sekolah, kesetaraan sarana dan prasarana Pendidikan, ketersediaan dan pemerataan tenaga pengajar dan berbagai persoalan lainnya.

Akibat akumulasi permasalahan ini membuat macetnya prestasi pendidikan Sumatera Utara ditingkat Nasional dan semakin jauh dari makna Sumut Bermartabat dalam dunia pendidikan.

Ketua KNPI Sumatera Utara El Adrianshah mengatakan, dunia pendidikan di Sumut harus bisa mengambil langkah-langkah strategis dalam mengejar ketertinggalan ini.

"Memang kondisi ini akan semakin sulit dengan situasi Pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia, jadi kalau tidak segera berbenah, apa jadinya nanti pendidikan di Sumut ini?," kata Ketua KNPI Sumatera Utara El Adrianshah, SE, kepada wartawan, Selasa (22/7/2020).

Menurut El Adrianshah, kewajiban melakukan berbagai pembenahan ini menjadi tugas pokok bagi Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Lasro Marbun yang ditunjuk menggantikan Dr Arsyad Lubis beberapa waktu lalu. Seperti diketahui, Lasro Marbun yang pernah menjabat sebagai Kadisdik Pemprov DKI yang notabene merupakan ibukota Republik Indonesia dan juga menjadi contoh bagi daerah-daerah lainnya, diharapkan mampu membawa angin segar perubahan di dunia pendidikan di Sumut.

"Kita berharap pengalamannya di DKI bisa diadopsi dengan baik di Sumut ini," ungkapnya.

El Adrianshah menjelaskan, kondisi pendidikan di Sumut jauh berbeda dengan DKI Jakarta dan membutuhkan penanganan yang berbeda dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang timbul.

"Permasalahan jelas sangat berbeda. Saat ini masih ada Kecamatan di Sumut ini yang belum memiliki SMA/SMK. Belum lagi di masa pandemi ini dilakukan belajar mengajar dengan sistem Daring. Ini juga menjadi masalah karena sebahagian besar rumah warga tidak memiliki akses internet," paparnya.

El berharap, Plt Kadisdik Sumut bisa membuat terobosan dan strategi baru dalam penanganan berbagai masalah pendidikan yang saat ini masih sangat tinggi di Sumatera Utara.

"Kita berharap Sumut Bermartabat dalam bidang pendidikan bisa segera terwujud dengan penyegaran dibidang birokrasinya ini," harapnya.

El Adrianshah menegaskan

DPD KNPI Sumatera Utara siap mendukung dan membantu seluruh langkah–langkah positif yang diambil dalam rangka memperbaiki kualitas Pendidikan di Sumatera Utara.

"Kami juga siap berdiskusi untuk berbagi gagasan guna membenahi sekaligus membuat terobosan demi terwujudnya Sumatera Utara Bermartabat khususnya dalam bidang Pendidikan," tandasnya.

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Pergantian Kepala Dinas Pemprov Sumut Diharapkan Dapat Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tingkat SMA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel