Menghadapi New Normal, PT KAI Divre I Sumut Tambah Perjalanan Kereta Api Jarak Lokal


Lensamedan-Menghadapi new normal ditengah pandemo Covid-19,  PT Kereta Api (Persero) Divisi Regional  I Sumatera Utara (Sumut) akan menambah perjalanan kereta api (KA) jarak lokal di Sumut. Penambahan perjalanan kereta api ini akan dimulai besok, Sabtu (13/6/2020).

Ada enam penambahan perjalanan KA tersebut, yakni dengan rute Kota Medan-Kota Binjai. Sementara untuk kereta api yang dioperasikan, yaitu ‎KA Sri Lelawangsa U76 Berangkat dari  Stasiun Medan-Kota Binjai pukul 08.00 Wib. Kemudian KA Sri Lelawangsa U75 Berangkat dari Stasiun Binjai-Kota Medan pukul 08.45 Wib dan KA Sri Lelawangsa U80 yang berangkat dari Stasiun Medan-Kota Binjai pukul 11.00 Wib.

Kemudian, ‎KA Sri Lelawangsa U79 Berangkat dari Stasiun Binjai-Kota pukul 11.45 Wib. KA Sri Lelawangsa U90 Berangkat dari Stasiun Medan pukul 18.45 Wib dan KA Sri Lelawangsa U89 Berangkat dari Stasiun Binjai pukul 19.30 Wib.

“Awalnya sempat banyak pembatalan tiket perjalanan kereta api. Jadi, mulai 13 Juni ini kita akan tambah lagi frekuensi perjalanan kereta api lokal. Ini sebagai komitmen KAI untuk melayani masyarakat yang ingin bepergian dengan menggunakan kereta api,” kata Vice President PT. KA (Persero) Divre I SU Daniel Johannes Hutabarat, Jumat (12/6/2020).


Daniel menjelaskan bahwa walaupun dioperasikan kembali perjalanan kereta api tersebut, namun pihaknya akan tetap menerapkan ‎prosedur protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 secara ketat seperti, pemeriksaan suhu tubuh saat masuk stasiun ataupun kereta api, memakai masker dan mencuci tangan di fasilitas yang telah disediakan.

"Penambahan frekuensi perjalanan kereta api ini mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No 07 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 dan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19," jelas Daniel.

Daniel mengungkapkan bahwa setiap penumpang KA Lokal diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita pilek, flu, demam dan batuk), wajib menggunakan masker, untuk suhu tuubuh tidak lebih dari 37,3 derajat celsius serta menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

“Jika saat proses boarding penumpang kedapatan tidak memenuhi ketentuan tersebut, maka tidak akan diperkenankan melakukan perjalanan. Untuk tiket dapat dibatalkan dengan pengembalian bea penuh," ungkap Daniel.

Daniel menuturkan bahwa KAI Divre I Sumut baru menjalankan sebagian perjalanan KA Lokal dengan pertimbangan permintaan dari masyarakat. Pengoperasian kembali KA Lokal tersebut akan terus di evaluasi perkembangannya.

Sementara, untuk tahap awal, dari kapasitas tempat duduk (Seat) yang tersedia, nantinya PT KAI Divre I Sumut hanya menjual tiket 70 persen dari kapasitas tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaga jarak antar penumpang selama dalam perjalanan.

Daniel menambahkan bahwa untuk tiket dapat dipesan secara online melalui aplikasi KAI Access dan go show.

"‎Untuk informasi lebih lanjut terkait perjalanan kembali KA Lokal, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di (021)121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121," tutup Daniel.

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Menghadapi New Normal, PT KAI Divre I Sumut Tambah Perjalanan Kereta Api Jarak Lokal"

Posting Komentar

Wapres Ma'ruf Amin Sebut Ada 5 Strategi untuk Mitigasi Bencana

Lensamedan - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyampaikan 5 strategi dalam mitigasi bencana. 5 strategi ini disampaikannya saat membuka ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel