Fasilitas Di Bandara Kualanamu Ditingkatkan Dan Disesuaikan Guna Melindungi Penumpang Dari Covid-19


Lensamedan-Manajemen Kantor Cabang PT Angkasa Pura II (Persero) terus berbenah diri dalam menyesuaikan sejumlah fasilitas guna meningkatkan pelayanan bagi pengguna jasa kebandarudaraan dalam masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman dari COVID-19.

Bandar udara KNIA telah menyiapkan dan meningkatkan sejumlah prasarana dan fasilitas Bandara sebagai upaya perlindungan bagi Petugas kebandarudaraan maupun Pengguna Jasa dari bahaya penyebaran Covid 19.

Excutive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Djodi Prasetyo bandar udara KNIA mengatakan fasilitas - fasilitas tersebut memang sudah sepatutnya disesuaikan sebagai bentuk kepedulian KNIA terhadap keselamatan, keamanan serta kenyamanan Pengguna Jasa dan sebagai salah satu upaya nyata dalam pencegahan penyebaran COVID -19.

Tambah Djodi Prasetyo, bagi kami melayani pengguna jasa kebandarudaraan secara maksimal adalah hal yang utama yang tujuannya untuk memberikan pengalaman perjalanan (customer journey) yang menyenangkan namun tentunya juga aman.

"Yang jelas, target kami dalam penerapan protokol baru ini adalah untuk mewujudkan organisasi yang mampu beraktivitas secara efisien dan efektif guna menjaga konektivitas udara nasional. Kita tentu paham bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan dan transportasi paling efektif untuk menjangkau pulau-pulau ini adalah dengan transportasi udara atau pesawat," ungkapnya Djodi Prasetyo.

Salah satu fasilitas yang kita tingkatkan dan sesuaikan saat ini di Bandar Udara KNIA adalah pemasangan pedal atau tombol kaki untuk mengakses lift, sehingga pengguna jasa dapat menekan tombol dengan alas kaki bukan dengan tangan yang pada intinya untuk menghindari sentuhan langsung dari orang ke tombol lift, tambah Djodi Prasetyo.

Berikut penyesuaian fasilitas yang sudah ada di Bandar Udara KNIA:

*1. Penyesuaian tombol elevator/lift*
Di area Terminal tombol elevator/lift kini disesuaikan sehingga dapat ditekan menggunakan alas kaki dari sebelumnya harus menggunakan tangan. Penyesuaian ini dilakukan untuk menghindari sentuhan langsung dari orang ke tombol lift.

*2. Body scanner/body inspection machine*
Di Security Check Point 2 (SCP 2) sudah dioperasikan body scanner atau body inspection machine bagi avsec untuk memeriksa penumpang pesawat tanpa bersentuhan (touchless). Penumpang pesawat cukup masuk ke dalam mesin body scanner untuk kemudian mesin tersebut melakukan pemeriksaan, apakah penumpang masih membawa barang tersembunyi atau tidak. Hasil pemeriksaan akan diinformasikan di layar monitor.

*3. VICA*
Melalui Virtual Customer Assistant (VICA), kini masyarakat dapat bertanya langsung mengenai berbagai informasi dan pelayanan di bandara-bandara AP II secara virtual atau tanpa tatap muka langsung. Layanan VICA menggantikan customer assistant secara fisik di terminal, dan bisa diakses melalui situs www.angkasapura2.co.id

*4. UV Sterilizer*
Saat ini Xray bagasi telah terpasang UV Sterilizer akan menyusul Eskalator, travelator dalam Area Terminal KNIA kini dilengkapi dengan UV Sterilizer guna menghilangkan virus, bakteri dan kuman di handrail. Alat pembersih ini terus bekerja dan difungsikan secara touchless guna mensterilkan handrail, mencegah penyebaran COVID-19.

*5. Wastafel otomatis*
Seluruh wastafel yang ada di KNIA sudah menggunakan sistem otomatis, di mana pengguna cukup menaruh tangan di bawah keran, lalu air akan mengalir. Di seluruh terminal juga terdapat mesin hand sanitizer otomatis yang dapat digunakan dengan cara sama dengan wastafel otomatis.

Fasilitas - fasilitas ini diharapkan mampu mencegah dan meminimalisir penyebaran COVID-19.

*Travelation*

Bagi pengguna jasa bandar udara KNIA sudah dapat menggunakan travelation dengan cara menginstall aplikasi travelation guna mempermudah penumpang melakukan registrasi dan mengunggah dokumen untuk mendapatkan Pre-Clearance berupa QR Code di smartphone atau gadget pengguna jasa. Masyarakat bisa mengunggah dokumen melalui aplikasi Travelation dengan mengakses https://travelation.angkasapura2.co.id.

Djodi Prasetyo mengatakan digitalisasi di segala aspek memang menjadi suatu keharusan terlebih di saat kondisi seperti ini.

“Tuntutannya adalah efisiensi dalam hal waktu di tengah adanya prosedur tambahan yang harus dijalani penumpang pesawat, dan salah satu solusi adalah melalui Travelation,” jelas Djodi Prasetyo.

(Deliserdang)

Belum ada Komentar untuk "Fasilitas Di Bandara Kualanamu Ditingkatkan Dan Disesuaikan Guna Melindungi Penumpang Dari Covid-19"

Posting Komentar

Forwakum Sumut Jenguk Ketua Pewarta Polrestabes Medan

LensaMedan - Sebagai bentuk solidaritas sesama rekan jurnalis, Forum Wartawan Hukum (Forwakum) Sumatera Utara (Sumut) menjenguk Ketua Pewart...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel