Bantu Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sofyan Tan Salurkan Paket Balasa dari Kemenparekraf


Lensamedan- Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga sekarang mengakibatkan hampir seluruh sektor terdampak,termasuk sektor pariwisata.

Pembatasan perjalanan dan masuk ke satu daerah serta ditiadakannya aktivitas yang mengumpulkan massa mengakibatkan belasan ribu pelaku pariwisata dan juga ekonomi kreatif (parekraf) di Sumatera Utara (Sumut) menjadi kesulitan mendapatkan penghasilan. 

Anggota Komisi X DPR RI dr. Sofyan Tan mengatakan, pariwisata merupakan sektor yang paling pertama terdampak Covid-19.

"Termasuk Sumut yang menjadikan pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan turut mengalami imbasnya, dimana banyak pekerja pariwisata yang terkena dampak," ujar Sofyan Tan seusai penyerahan paket bantuan secara simbolis kepada perwakilan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, di aula gedung Politeknik Pariwisata Medan, Senin (29/6/2020).

Politisi PDI Perjuangan ini menyebutkan, bantuan paket Balasa ini merupakan bantuan tanggap darurat yang diberikan Kementerian. 

"Pelaku parekraf ini kan banyak yang sementara penghasilannya menurun, atau pun sementara dicutikan. Berkaitan dengan itu, adalah sedikit perhatian bantuan kepada mereka," sebutnya.

Setelah new normal mulai berjalan, maka lokasi pariwisata menurut Sofyan Tan akan mulai dibuka. Maka akan ada fase pemulihan. 

"Di fase pemulihan nanti akan ada bantuan berupa pelatihan bagi pelaku usaha untuk menghadapi new normal industri pariwisata," sebutnya.

Pelatihan yang dimaksud diantaranya tetap mengingatkan pelaku usaha parekraf untuk tetap berperilaku hidup sehat, bersih, aman dan ramah lingkungan. Karena nanti kedepan, wisatawan akan memilih daerah wisata yang bersih dan sehat.

"Hal-hal ini lah yang perlu diingatkan kembali kepada semua pelaku parekraf, termasuk cara menyajikan makanan kepada pembeli, karena wisatawan pasti memilih ke daerah yang bersih," lanjutnya.

Sofyan berharap, program pemulihan ekonomi bagi pelaku parekraf sudah bisa dimulai di bulan Juli-Agustus mendatang.

"Sehingga pada saat normal, artinya situasi sudah membaik semua, kita menjadi lebih siap menghadapi semua," harapnya.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menyalurkan bantuan sebanyak 16.100 paket BaLaSa kepada pelaku parekraf di Sumut. secara resmi penyerahan dan pendistribusian bantuan ini akan dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI kepada Gubernur dan Kapolda Sumut, Kamis (2/7/2020) mendatang. 


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Bantu Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sofyan Tan Salurkan Paket Balasa dari Kemenparekraf"

Posting Komentar

Tak Mampu Keluar dari Tekanan, IHSG Ditutup di Zona Merah

Lensamedan - Rupiah yang sempat nyaris menyentuh 15.900 per  Dolar AS ternyata mampu berbalik mengurangi kerugiannya dan ditutup stabil di l...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel