Tren Positif Covid-19 Kembali Meningkat, Masyarakat Harus Waspada Dan Menahan Diri Tidak Keluar Rumah


Lensamedan-Setelah sempat nihil pertumbuhan positif Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) selama tiga hari berturut-turut, tren kembali meningkat terhitung sejak Minggu (3/5) hingga hari ini, Senin (4/5). Semula positif Covid-19 berada di angka 117, bertambah 7 menjadi 124 orang pada hari Minggu dan bertambah 5 lagi menjadi 129 orang per tanggal 4 Mei 2020 pada pukul 16.00 WIB.

Sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) ada 162 orang, pasien sembuh 41 orang, dan meninggal 13 orang. Hal ini disampaikan oleh juru bicara (jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumut Aris Yudhariansyah melalui konferensi video di Media Center GTPP Covid-19 Sumut, Kantor Gubernur Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan.

“Untuk itu, kembali diingatkan agar kita lebih banyak menahan diri tidak keluar rumah. Kalaupun harus keluar rumah, sebisa mungkin hindari tempat-tempat umum seperti stasiun, pasar dan jangan lakukan perjalan jauh. Karena, tidak bisa kita tahu siapa pembawa virus. Orang yang tampak sehat pun bisa membawa virus atau disebut Orang Tanpa Gejala (OTG),” ujarnya.

Aris menekankan agar masyarakat mulai beralih menggunakan layanan dan aplikasi online. Apalagi, saat ini sudah banyak layanan dan program yang menyediakan jasa online. Seperti belanja online, bahkan aplikasi kesehatan medis untuk konsultasi kesehatan. 

“Jadi, tidak perlu ke rumah sakit yang berpotensi membuat anda terpapar Covid-19 saat menuju ke rumah sakit atau saat mengantri di rumah sakit,” ucapnya memberikan contoh.

GTPP sendiri sudah mengerahkan berbagai cara maksimal untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Salah satunya yakni melakukan pengujian sampel secara masif, pelacakan agresif, hingga isolasi secara ketat. 

“Terkait pengujian sampel, GTPP Sumut telah mengirimkan 855 sampel ke laboratorium PCR USU dan yang belum keluar hasilnya sebanyak 291 sampel. Untuk Litbangkes telah dikirimkan 930 sampel, tinggal 42 yang belum ada hasilnya,” jelas Aris.

Berikutnya, diinformasikan pula bahwa saat ini GTPP Sumut telah menerima donasi melalui Rekening Sumut Peduli Covid-19 sebanyak Rp495.203.490. 

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh donator. Kita perkuat kepedulian dan solidaritas di tengah pandemi ini. Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir. Bersama, kita bisa,” tuturnya.

Selanjutnya, Aris juga menjawab pertanyaan dari publik terkait status RS GL Tobing. Katanya, tidak ada pemberhentian pelayanan di RS GL Tobing seperti isu yang beredar. RS GL Tobing seperti biasa tetap melayani pasien yang dirujuk dari seluruh kabupaten/kota se-Sumut.

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Tren Positif Covid-19 Kembali Meningkat, Masyarakat Harus Waspada Dan Menahan Diri Tidak Keluar Rumah"

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel