Kantor Kementrian Agama Sumut Imbau Umat Islam Shalat Idul Fitri Di Rumah Bersama Keluarga


Lensamedan-Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera  Utara (Sumut) menghimbau kepada umat Islam di Sumut agar melaksanakan Salat Idul Fitri di rumah bersama keluarga. Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Sumut Muhamad David Saragih usai melihat update kondisi penyebaran Pandemi Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara.

"Melihat angka penularan Covid-19 hingga hari ini terus meningkat di Sumut, dan hal ini dikhawatirkan bisa terus melonjak jika tidak ada upaya pencegahan yang dilakukan," kata Muhamad David, Jumat (22/5/2020).

Muhamad David menuturkan bahwa pembatasan kegiatan di tempat umum, termasuk kegiatan keagamaan yang mengumpulkan massa dan terjadinya kerumunan adalah merupakan salah satu cara pencegahan yang efektif.

"Terkait pencegahan penyebaran Covid-19, saya mengingatkan dan mengimbau kepada warga masyarakat, mari kita patuhi bersama aturan yang telah di tetapkan oleh pemerintah," tuturnya.

Sementara, terkait pelaksanaan Shalat Ied 1441 Hijriah, Muhamad David menyampaikan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI)  telah menerbitkan Fatwa Nomor 28 Tahun 2020.

"Shalat Ied dapat dilakukan secara berjamaah seperti biasanya jika berada di kawasan yang sudah terkendali pada saat 1 Syawal 1441 H, ditandai dengan kecenderungan menurunnya angka penularan atau kawasan yang bebas Covid-19 dan diyakini tidak terdapat penularan. Pelaksanaan Shalat Idul Fitri yang dilaksanakan di Masjid dan dirumah harus tetap ikuti protokol kesehatan, tetap jaga jarak dan hindari kerumunan guna mencegah penularan," tutupnya.

Belum ada Komentar untuk "Kantor Kementrian Agama Sumut Imbau Umat Islam Shalat Idul Fitri Di Rumah Bersama Keluarga"

Posting Komentar

Sekdaprov Sumut Serahkan Bantuan ke Sejumlah Panti Asuhan

Lensamedan – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho mengunjungi sejumlah Panti Asuhan. Dalam kunjungan yang digelar...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel