Medan Dan Deli Serdang Akan Menjadi Lokasi Karantina Bagi Ratusan TKI Malaysia


Lensamedan-Selain di eks Bandara Polonia, ternyata 524 TKI dari Malaysia yang tiba di Bandara Kualanamu juga akan di karantina di Taman Pramuka, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang. Karantina tersebut dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb, Meka Yudanto mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan Pemprov Sumut dengan pihak terkait untuk mencegah dan antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19. Seluruh fasilitas kesehatan dipersiapkan di dua lokasi penampungan tersebut untuk ratusan TKI tersebut. Di mana, ratusan ‎TKI itu, pulang dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke Bandara Kualanamu. Pemulangan tersebut, dilaksanakan pada hari ini yakni 9 April dan besok, 10 April 2020.

"Pemulangan dibagi 4 flight, yakni tanggal 9 atau hari ini akan datang 2 flight. Untuk flight pertama sudah landing tadi Pukul 8.30 Wib, sebanyak 130-an orang. Kemudian langsung dibawa ke Kabupaten Deli Serdang dan di sana sudah disiapkan penampungan," kata Meka.

Meka menuturkan bahwa TKI yang akan tiba dengan penerbangan dari Malaysia menuju Bandara Kualanamu pada sore hari, nantinya akan dibawa ke lokasi penampungan di eks Bandara Polonia, Medan.

"Untuk flight kedua pada sore hari akan langsung dibawa ke Bandara Polonia dan jumlahnya hampir sama 130-an. Kemudian besok akan dilanjutkan flight pagi dan sore, rencananya juga akan dibawa ke Bandara Polonia semua," tutur Meka.

Meka mengungkapkan bahwa di eks Bandara Polonia, TNI AU bersama pihak terkait telah menyiapkan fasilitas berupa tempat tidur lipat (Velbet) sebanyak 295 velbet dan dilengkapi dengan kipas angin, kemudian 300 WC portebel. Selain itu, juga disiapkan makan untuk 3 kali sehari oleh Dinas Sosial Sumut.

"Untu velbet saat ini ada 295 velbet. Kita berharap ada 400 velbet. Sementara, 100 velbet dalam upaya dan kita telah koordinasi dengan satuan samping untuk mendapatkannya," ungkap Meka.

"‎Jika nanti ada dapat bantuan dari satuan samping sebanyak 100 valbet lagi, maka bisa menampung 400 TKI yang akan kita diinapkan sementara," tutup Meka.

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Medan Dan Deli Serdang Akan Menjadi Lokasi Karantina Bagi Ratusan TKI Malaysia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel