Gubsu Pastikan Larangan Mudik Juga Berlaku Di Sumut


Lensamedan- Gubernur Edy Rahmayadi memastikan larangan mudik juga berlaku di Sumatera Utara.

Larangan ini sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo yang melarang masyarakat mudik jelang lebaran.

"Tidak ada mudik, ini sudah keputusan saya selaku gubernur Sumatera Utara," ujar Edy Rahmayadi seusai memimpin apel Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) yang digelar di GOR Pancing, Rabu (22/4/2020).

Edy Rahmayadi mengatakan, larangan mudik ini untuk menyelamatkan diri sendiri keluarga mau pun tetangga di kampung halaman.

"Berhenti di rumah dulu, tetapi kalau terpaksa harus keluar, gunakan masker, hindari keramaian. Ini rakyat kita yang masi sulit diimbau" kata Edy.

Meski mengakui masih banyak masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan, tetapi Edy belum melihat perlu memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"PSBB itu dia tersekat-sekat menentukan zona, yang disikapi dengan finansial yang disiapkan, ini konprehensif," sebutnya.

Ditemui di tempat yang sama, Kapolda Irjen Martuani Sormin menyebutkan, meski kondisi keamanan di Sumut masih kondusif, tetapi pihaknya bersama Kodam I/BB tetap siaga mengantisipasi keamanan, salah satunya lewat simulasi pengamanan dalam bentuk Tactical Floor Game (TFG).

“TFG ini adalah salah satu strategi ilmu militer yang diterapkan dalam kegiatan sipil. Untuk apa? supaya semua para komandan pasukan, satuan yang dilibatkan, dia tahu di mana , apa yang harus dilakukan. Dia bekerjasama dengan siapa, sehingga komando kesatuan yang dilibatkan mulai dari danton, danyon tahu apa yang dikerjakan, apa tanggungjawabnya dan bekerja sama dengan siapa,” kata Martuani.

Pemerintah Propinsi Sumatera Utara hingga saat ini belum memutuskan untuk mengajukan PSBB ke pemerintah pusat sebagai upaya menangani Covid-19. 


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Gubsu Pastikan Larangan Mudik Juga Berlaku Di Sumut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel