Cegah Penyebaran Covid-19, Kapolres Sergai Bersama PJU Lakukan Rapid Test


Lensamedan-Dalam menghadapi pandemi virus corona (Covid 19), jajaran Polres Serdang bedagai melakukan Rapid test kepada Kapolres dan Pejabat Utama Polres Serdang Bedagai (Sergai), Jumat (03/04/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang, S.H,M.Hum, Kabag Ops Kompol Sofyan, Kabag Ren Kompol Altur Pasaribu, Kanit Tipikor Ipda Edward Sidauruk, Kasubbag Humas Ipda Zulfan Ahmadi, Kadis Kesehatan Kabupaten Sergai dr. Bulan Simanungkalit, KA PAD Rasmaini Purba dan Paurkes Juniarti Situmorang.

Kapolres Sergai AKBP Robin mengatakan, bahwa pemeriksaan menggunakan rapid test ini bertujuan untuk mengecek kondisi Para Pejabat Utama Polres Serdang Bedagai dengan cara pemeriksaan darah dengan alat Rapid test tersebut.

“kita lakukan pemeriksaan kepada Pejabat Utama dulu dengan mengecek darah melalui alat Rapid test, dan hasilnya dapat diketahui dalam waktu 15 menit,” kata Robin kepada awak media.

Ia juga menambahkan, bahwa kegiatan pemeriksaan tersebut sebagai upaya pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk Personil Polri dalam memberikan himbauan kepada masyarakat yang tidak mengindahkan arahan pemerintah agar tetap berada dirumah dan tidak berkerumunan massa.

“Nantinya pengadaan alat ini untuk APD Personil kita, sesuai Protokol kesehatan dan protokol keselamatan dalam memberikan himbauan terhadap masyarakat yang masih berkumpul di luar rumah,” ungkap Kapolres

Sementara Kadis Kesehatan Sergai dr. Bulan juga mengatakan, bahwa penggunaan Rapid test dengan cara mengambil sampel darah untuk di uji,memeriksa virus menggunakan IgG dan IgM dalam darah, karena didalam darah terdapat sejenis antibodi yang terbentuk di dalam tubuh saat kita mengalami infeksi virus.

“jika dalam tubuh terjadi infeksi virus, maka jumlah IgG dan IgM di tubuh akan bertambah. Hasilnya akan keluar dalam 10 sampai 15 menit, ini hanya untuk screening awal tidak dapat memastikan diagnosa Covid-19,” jelas dr. Bulan.

(Sergai)

Belum ada Komentar untuk "Cegah Penyebaran Covid-19, Kapolres Sergai Bersama PJU Lakukan Rapid Test"

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel