Kecamatan Hamparan Perak Lakukan Penyemprotan Disinfektan Terhadap Kantor Pelayanan Yang Ada Di Wilayahnya


Lensamedan-Antisipasi penyebaran Virus Corona (COVID-19), pihak Kecamatan Hamparan Perak bersama unsur Muspika setempat melakukan aksi bersih-bersih terhadap sejumlah kantor pelayanan yang ada di wilayah Kecamatan Hamparan, Kabupaten Deliserdang, Rabu (18/3/2020) sekira pukul 11.00 Wib. Usai aksi bersih-bersih, juga dilakukan penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh petugas dari Puskesmas Hamparan Perak dan Puskesmas Kota Datar.

"Jadi tidak hanya melakukan aksi bersih-bersih saja, tetapi juga dilakukan penyemprotan disinfektan terhadap Kantor pelayan seperti Kantor Camat Hamparan Perak, Polsek, Kantor Koramil, Sekolah, Puskesmas dan Kantor Desa," kata Camat Hamparan Perak Amos Karo-Karo kepada awak media, Rabu (18/3) siang.

Amos menjelaskan bahwa selain melakukan aksi bersih-bersih dan penyemprotan disinfektan, sebelumnya pihaknya juga telah melakukan sosialisi terkait penyebaran Virus Corona ke sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Hamparan Perak.

"Pagi hari, sebelumnya kita juga sudah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang ada di Hamparan Perak. Bahkan, sosialisasi ini sudah kita lakukan sejak hari Senin (16/3) kemarin," jelas Amos.


Amos menuturkan bahwa setelah berkoordinasi dengan unsur Muspika lainnya, pihaknya berencana akan melakukan razia terhadap siswa sekolah yang bermain atau kumpul-kumpul ditempat keramaian seperti warnet atau cafe.

"Sesuai surat edaran dari Bupati Deliserdang, sekolah yang ada di Hamparan Perak sudah diliburkan mulai hari ini, Rabu 18 Maret hingga 30 Maret 2020. Kamis (19/3) besok, pihak Muspika akan melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap siswa sekolah yang bermain di luar rumah seperti warnet atau cafe. Jika kedapatan ada siswa yang bermain diluar, maka pihak Muspika akan memanggil orang tua dan pihak sekolahnya," tutur Amos.

Sementara, terkait merebaknya penyebaran Virus Corona, Amos mengungkapkan, sejauh ini pihaknya ada mendapat laporan bahwa ada satu orang warga Desa Kota Datar, Kecamatan Hamparan Perak dalam status ODP (Orang Dalam Pengawasan) dan 7 orang warga Hamparan Perak yang baru pulang dari luar negeri.

"Memang kita ada menerima laporan bahwa ada satu orang warga Desa Kota Datar dalam ODP dan sudah dalam pengawasan pihak Puskesmas. Sudah diperiksa oleh dokter dan gejala itu belum ada, namun sesuai SOP kan 14  hari kerja. Sementara, untuk 7 orang warga Kecamatan Hamparan Perak yang baru pulang dari luar negeri tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Puskesmas untuk dikejar dan ditelusuri sejarah perjalanannya, apakah mereka dari tempat yang terpapar Virus Corona atau tidak," ungkap Amos.

Amos menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, waspada dan jangan panik serta jangan mudah percaya dengan isu-isu atau berita Hoax terkait merebaknya penyebaran Virus Corona.

"Bagi warga masyarakat agar kurangi kegiatan diluar rumah jika tidak ada keperluan penting. Tetap jaga pola hidup sehat, jika ada yang merasa sakit untuk segera ke Puskesmas atau lapor ke Pemerintah Desa setempat. Sementara, bagi adik-adik siswa walaupaun diliburkan, tetapi tetap belajar dari rumah," tandas Amos.

(Hamparan Perak)

Belum ada Komentar untuk "Kecamatan Hamparan Perak Lakukan Penyemprotan Disinfektan Terhadap Kantor Pelayanan Yang Ada Di Wilayahnya"

Posting Komentar

Presiden Jokowi: Pertumbuhan Ekonomi Triwulan I 2024 Tumbuhkan Optimisme

  Lensamedan - Presiden Joko Widodo menyampaikan optimisme terhadap kondisi ekonomi nasional yang mencatat pertumbuhan sebesar 5,11% pada tr...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel