Ada 76 Orang PDP, Tersebar di Medan, Sergai Dan Tanjung Balai


Lensamedan- Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Utara (Sumut) mencatat, hingga pukul 17.00 WIB, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah menjadi 76 orang dari sebelumya sebanyak 71 orang. Sementara yang dinyatakan positif masih tetap 9 orang.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah mengatakan, PDP itu tersebar di tiga kabupaten/kota di Sumut. 

"PDP ini tersebar di Medan, Tanjung Balai dan Serdang Bedagai," kata Aris Yudhariansyah dalam temu pers, Jumat (27/3/2020).

Sedangkan untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) menurut Aris Yudhariansyah mengalami penurunan sekitar 2, 8 persen atau 3.080 orang menjadi 2.995 orang.

"Ini menunjukkan kemajuan karena ODP ini berkurang jumlahnya sesuai dengan masa isolasi dan karantina yang telah dilakukan kabupaten/kota," ujarnya.

Dikatakan Aris Yudhariasnyah, sebagai antisipasi peningkatan jumlah PDP, maka pemerintah provinsi akan menyiapkan 11 Rumah Sakit rujukan baru yang diharapkan bisa menampung 1000 tempat tidur.

"Untuk RS rujukan baru ini, kami membutuhkan bantuan lebih dari 700 tenaga kesehatan," katanya. 

Aris menyebutkan, saat ini RS GL Tobing milik PTPN 2 yang merupakan 1 dari 11 rumah sakit rujukan baru sudah siap untuk digunakan pasien dari daerah.

"Ada 30 kamar non ICU dan 2 kamar ICU yang sudah bisa digunakan dan dilengkapi 72 tenaga kesehatan," sebutnya.

Selain 11 Rumah Sakit rujukan yang sedang dipersiapkan, Gugus Tugas juga akan memanfaatkan asrama haji Medan gedung PPSDM milik pemerintah provinsi Sumatera Utara termasuk wisma atlit yang berada di jalan Pancing Medan.

"Ini sebagai alternatif jika terjadi lonjakan Pasien Dalam Pengawasan," tambahnya.

Aris berharap masyarakat Sumatera Utara tetap bersedia menjalankan program #dirumahsaja sebagai bagian dari phyical distancing.

"Agar kita tetap tidak masuk kategori provinsi yang memiliki local transmisi, karena berdasarkan data dari Kemenkes, sudah ada 7 provinsi yang masuk kategori ini," tutupnya.


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Ada 76 Orang PDP, Tersebar di Medan, Sergai Dan Tanjung Balai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel