Lima TKA China Yang Baru Tiba Dari Negara Nya Ditempatkan Di Ruang Khusus Di Karo


Lensamedan-Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, Dinas Kesehatan Kabupaten Karo melakukan Surveillance terhadap 5 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang bekerja di Desa Kandibata, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo. Pekerja asal China yang berjumlah 5 orang itu terdiri 4 pria dan seorang wanita.

"Bukan di isolasi tapi Surveillance demam terhadap mereka apakah bila ada suhu naik atau gejala flu dengan pnenumia. Hal ini dilakukan karena mereka baru kembali dari negara mereka China," kata Kadis Kesehatan Karo Irna Safrina, Jumat (7/2/2020).

Irna menjelaskan selama proses Surveillance kelima TKA tersebut sementara ini tidak akan bekerja dan tinggal terpisah dari rekan-rekannya yang lain.

"Proses Surveillance ini dilakukan atas kesadaran dari kelima TKA asal China tersebut karena baru tiba dari negara nya," jelas Irna.

Berdasarkan informasi dihimpun, kelima warga negara China itu bekerja di proyek pembangunan PLTA Kandibata.

Kelima WN China ini masuk ke Indonesia belum lama ini. Tiga orang tiba pada Jumat (31/1), sedangkan dua lainnya sampai pada Senin (3/2).

"Hal ini dilakukan sebelum keputusan pemerintah menutup akses dari dan menuju China," ungkap Irna.

Irna sendiri menegaskan bahwa saat tiba di lokasi tempat kerja mereka, kondisi kelima TKA tersebut sehat. Apalagi kelimanya juga telah melewati pemeriksaan kesehatan di 3 bandara dan sudah ditetapkan serta dinyatakan sehat.

"Jadi bukan isolasi karena mereka sehat. Tetpi saat tiba disini, oleh rekan-rekan kerjanya, mereka diminta jangan bekerja terlebih dahulu dan tetap berada didalam kamar selama 14 hari ke depan atau sampai tanggal 16 Februai 2020, hingga masa inkubasi selesai," tegas Irna.

Proses Surveillance yang diterapkan oleh Dinkes Kabupaten Karo terhadap kelima TKA asal China ini sudah sesuai dengan surat edaran menteri kesehatan. Di mana dinas kesehatan diminta untuk tetap memantau orang-orang yang baru keluar dari daerah terinfeksi. 

Dinkes Karo juga meminta masyarakat Karo untuk tetap tenang dan tidak panik karena hingga kini kondisi kelima TKA tersebut masih baik dan juga dalam keadaan sehat.

"Kita himbau masyarakat kalau misalnya keluar dan masuk ke daerah yang padat untuk selalu mengenakan masker dan mencuci tangan," terang Irna.

Sementara itu, menurut pengawas proyek, Ginting menjelaskan bahwa kelima WNA China ini sejak tiba sudah ditempatkan di ruangan khusus.
 
"Informasinya perusahaan yang meminta agar mereka diisolasi, langsung di karantina" jelas Ginting.
 
Tidak hanya sekedar diisolasi, kelima pekerja TKA tersebut sebelumnya sudah disemprot dengan disinfektan dan untuk para pekerja lain tidak dibenarkan melakukan kontak.

(Karo)


Belum ada Komentar untuk "Lima TKA China Yang Baru Tiba Dari Negara Nya Ditempatkan Di Ruang Khusus Di Karo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel