BMKG Prediksi Sumut Masih Berpotensi Hujan Lebat Beberapa Hari Kedepan


Lensamedan-Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memperkirakan hujan dengan intensitas sedang dan lebat masih akan terjadi dalam beberapa hari kedepan. Kawasan pantai Timur Sumatera diimbau untuk tetap bersiaga terhadap bahaya bencana banjir dan longsor.

"Penyebabnya karena adanya pergerakan udara bertekanan rendah di Samudera Hindia, yang menyebabkan pertemuan angin di wilayah Sumatera Utara. Pertemuan ini membuat terjadinya awal pembentukan hujan dengan intensitas cukup tinggi," kata Staf Pelayanan Jasa BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba, Senin (3/2/2020).

Lestari menjelaskan bahwa beberapa kabupaten dikawasan Pantai Timur Sumatera Utara, termasuk lereng dan daerah pegunungan merupakan daerah yang diprediksi paling sering dilanda hujan.

"Diimbau bagi masyarakat yang tinggal dikawasan bantaran sungai untuk tetap selalu waspada jika terjadi hujan agar cepat mengungsi, sedangkan masyarakat yang tinggal dikawasan pegunungan agar waspada akan bahaya terjadinya longsor," jelas Lestari.

Lestari menambahkan bahwa untuk hari ini masih adanya pertemuan angin yang menyebabkan memberi warning diwilayah Pantai Timur, Lereng Timur, Pagunungan dan Pantai Barat Sumatera.

"Untuk dua hingga tiga hari kedepan diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan dan sedang," tutup Lestari.

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "BMKG Prediksi Sumut Masih Berpotensi Hujan Lebat Beberapa Hari Kedepan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel