Pegawai PLN Harus Miliki Pemahaman K3 Yang Konfrehensif


Lensamedan- walikota Binjai H.M Idaham,SH, Msi mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing, sehingga diperlukan pemahaman Keselamatan dan Kecelakaan Kerja (K3) yang komprehensif bagi SDM yang ada di perusahaan PLN , guna memastikan dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan beresiko dapat dilakukan secara aman dan pada akhirnya dapat menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman efisien dan produktif.

Hal ini disampaikannya membacakan pidato Menteri Ketenagakerjaan pada Upacara Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau Apel K3 Nasional yang digelar PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara Bersama 5 (lima) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) yaitu PLN UP3 Medan, Medan Utara, Lubuk Pakam, Binjai dan Bukit Barisan yang digelar Selasa (28/1/2020) di Lapangan Merdeka Kota Binjai.

Dengan mengusung tema pokok bulan K3, "Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi", apel itu dilaksanakan untuk menguatkan pemikiran seluruh elemen pegawai dan Mitra kerja di setiap Unit PLN komitmen akan pentingnya penerapan K3 untuk menghindari kecelakaan kerja.

Disebutkan Idaham, berdasarkan data yang dikeluarkan BPJS Ketenagakerjaan, di tahun 2018 lalu terjadi 157.313 kasus kecelakaan kerja dan sepanjang Januari hingga September 2019 terdapat 130.923 kasus. 

" Angka ini termasuk dalam kategori kecelakaan kerja adalah kecelakaan lalu lintas pada perjalanan pekerja menuju tempat kerja, serta perjalanan pulang dari tempat kerja menuju tempat tinggal," sebut Idaham.

Idaham melanjutkan, Tujuan K3 tidak hanya memberikan perlindungan tenaga kerja dan orang yang berada di tempat kerja, tetapi juga bagaimana mengendalikan resiko terhadap peralatan, aset, dan sumber produksi sehingga dapat digunakan secara aman dan efisien.

"Tujuan K3 itu tentunya bukan hanya menyangkut keselamatan manusianya saja, tetapi juga tentunya menyangkut pengendalian resiko terhadap peralatan, aset dan sumber produksi," kata Idaham.

Hadir dalam upacara Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau Apel K3 Nasional General Manager PLN UIW Sumut Irwansyah Putra, Senior Manager Distribusi PLN UIW Sumut Taufik Hidayat serta jajaran Manajemen PLN UIW Sumut.

Turut dibacakan "QUOTES BULAN K3 NASIONAL TAHUN 2020" Dari Divisi HSSE PLN Pusat yang selalu wajib dibacakan pada setiap pagi, siang dan malam selama Bulan K3 Nasional Tahun 2020 yang berlangsung sejak 12 Januari hingga 12 Februari 2020 mendatang. 

(Binjai)


Belum ada Komentar untuk "Pegawai PLN Harus Miliki Pemahaman K3 Yang Konfrehensif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel