Bantu Korban Banjir, Dinkes Sumut Kirim Tim Medis ke Tapteng


Lensamedan- Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengirimkan bantuan obat-obatan dan tim medis dalam upaya penanganan bencana yang terjadi di Kecamatan Barus dan Kecamatan Andam Dewi, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) pada Rabu (29/1/2020) lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan melalui Sekretaris Dinas Kesehatan dr Aris Yudhariansyah mengatakan, tim itu terdiri dari satu orang tenaga dokter dan juga dua orang tenaga paramedis. 

"Tim ini sendiri sebetulnya sudah dikirim, langsung tak lama setelah kejadian bencana terjadi," kata Aris Yudhariansyah kepada wartawan, Jumat (31/1/2020).

Aris menjelaskan, di lokasi bencana, tim ini sifatnya bertugas untuk membantu tenaga medis dari Kabupaten yang juga ikut diturunkan. Selain itu, tim ini juga berperan untuk membantu mendistribusikan obat-obatan ke para korban bencana.

"Sampai saat ini, tim kita masih berada disana. Karena dalam penanganan bencana, selain melakukan tindakan evakuasi dan mitigasi juga dilakukan rehabiitasi melalui trauma healing," katanya.

Dikatakan Aris, berdasarkan laporan yang diperoleh, hingga Kamis (30/1/2020) kemarin, jumlah total warga yang menjadi korban bencana banjir yang melakukan rawat jalan terus meningkat. Data terakhir, tercatat ada sebanyak 749 orang yang melakukan perobatan tersebut.

Selain itu, juga telah dibentuk sebanyak tujuh dari sebelumnya tiga poskes (pos kesehatan). Poskes ini sendiri tersebar dan menjangkau 10 desa yang ada di lokasi bencana.

"Keluhan yang paling banyak dijumpai itu antara lain berupa penyakit influenca, dispepsia, nyeri otot, ISPA, hingga rheumatoid. Informasi terakhir yang didapat, dalam peristiwa ini telah menyebabkan sebanyak delapan orang meninggal dan satu lainnya hilang," tutupnya. 


(Medan)
  

Belum ada Komentar untuk "Bantu Korban Banjir, Dinkes Sumut Kirim Tim Medis ke Tapteng "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel