Tak Banyak Sentimen, IHSG dan Rupiah Parkir di Zona Hijau


Lensamedan - Minimnya sentimen pasar pada perdagangan hari ini membuat pasar lebih banyak mengekor kinerja pasar keuangan di Asia.

Pelaku pasar masih menanti kebijakan bunga acuan yang akan diambil Bank Indonesia pada perdagangan besok.

Seiring dengan sikap pasar yang wait and see, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan Rupiah mampu ditutup di zona hijau.

IHSG ditutup naik 0.52% di level 7.110,81, dan mata uang Rupiah ditutup menguat di level 16.215 per  Dolar AS.

Mata uang Rupiah terpantau sempat melemah hingga mendekati level 16.245 per Dolar AS, meskipun pada akhirnya rupiah mampu mengurangi kerugian dimasa injury time jelang penutupan perdagangan.

"Tensi geoplitik di Timur Tengah yang mereda menjadi kabar baik bagi Rupiah, setelah  mengalami tekanan yang cukup signifikan selama sepekan perdagangan terakhir seiring memanasnya konflik Iran - Israel," ujar Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, di Medan, Selasa (23/4/2024).

Tensi geopolitik yang memanas tersebut dikatakan Gunawan juga sempat membuat harga emas melambung.

Namun untuk kali ini harga emas mengalami koreksi seiring dengan meredanya konflik. Harga emas ditransaksikan melemah di level US$2.295 per ons troy nya.

Secara keseluruhan pasar keuangan masih dibayangi ketidakapastian.

Bayang bayang perang ditambah dengan data ekonomi serta kebijakan suku bunga cenderung menggiring pasar bergerak ke zona merah pada perdagangan besok.

"Pelaku pasar masih akan bersikap wait and see, dan bersiap dengan kemungkinan kejutan yang tak terduga," pungkasnya. (*)

(Medan)



Belum ada Komentar untuk "Tak Banyak Sentimen, IHSG dan Rupiah Parkir di Zona Hijau"

Posting Komentar

Pj Gubernur Sumut Harapkan Partisipasi Masyarakat di Pilkada Bisa Ditingkatkan

Lensamedan – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, berharap partisipasi masyarakat meningkat pada Pemilihan Kepala Daer...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel