Sehari Jelang Idulfitri, Harga Cabai Merah Terpantau Turun


Lensamedan -  Harga sejumlah kebutuhan pangan pokok di H-1 Idulfitri terpantau bergerak stabil, bahkan sebagian mengalami penurunan harga.

Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, harga cabai merah yang pada H-3 sempat menyentuh Rp50 ribu per Kg, pada perdagangan hari ini ditransaksikan di kisaran Rp40 ribu hingga Rp45 ribu per kg nya.

Namun cabai rawit mengalami kenaikan menjadi Rp50 ribuan per Kg dari posisi sebelumnya Rp40 - 45 ribu per Kg.

Sementara itu, harga bawang merah dan bawang putih terpantau bergerak stabil.

Bawang putih di transaksikan dikisaran level Rp35 ribuan per Kg, dan  bawang merah ditransaksikan dikisaran Rp40 ribu hingga Rp43 ribu per Kg nya.

"Dan daging ayam ditransaksikan dikisaran level Rp35 ribu per Kg nya," kata Gunawan di Medan, Selasa (9/4/2024).

Sejauh ini kata Gunawan, sejumlah harga kebutuhan pangan jelang Idulfitri memang lebih tinggi dibandingkan dengan harga pekan ketiga ramadan sebelumnya.

Salah satu yang mengalami kenaikan adalah harga daging sapi, dimana di beberapa titik penjualan daging sapi terpantau ada yang menjual daging sapi dikisaran Rp140 ribu per Kg .

Namun di beberapa daerah yang sedikit berjauhan dari pasar tradisional ditemukan harga daging sapi dijual dikisaran Rp110 ribu per Kg.

Dari penelusuran, daging sapi yang dijual tersebut merupakan hasil pemotongan daging sapi secara mandiri dari warga setempat.

"Pasokan daging sapi didatangkan dari peternak sapi lokal, dan bukan dari peternak terintegrasi seperti feedlot," katanya.

Dan kenaikan harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional diproyeksikan juga hanya akan berlangsung sesaat.

Termasuk sejumlah harga kebutuhan lain yang terpantau mengalami kenaikan seperti cabai dan daging ayam, berpeluang turun di pekan depan.

Dan saat idulfitri nanti, ketidak seimbangan pasar akan terjadi, dimana tidak akan ada banyak pedagang yang membuka lapaknya.

Harga pangan akan bergerak sangat liar nantinya, sehingga tidak ada patokan khusus yang bisa menjadi acuan pembentukan harga. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Sehari Jelang Idulfitri, Harga Cabai Merah Terpantau Turun "

Posting Komentar

Jelang Berangkat, 249 Cahaj Batu Bara Ikuti Tepung Tawar

LensaMedan- Jelang keberangkatan ke Tanah Suci Mekkah, sebanyak 249 jemaah calon haji asal Kabupaten Batu Bara Kloter 11 mengikuti tradisi t...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel