Pj Gubernur Sumut Ajak Masyarakat Sambut Idulfitri dengan Ceria


Lensamedan - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, bersama Tim Hisab Rukyat Provinsi Sumut melakukan pengamatan rukyat hilal awal Syawal 1445 H yang dilaksanakan di  Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Diponegoro No 30 Medan, Selasa (9/4/2024).

Hadir di antaranya Ketua MUI Sumut, Maratua Simanjuntak, dan Kepala BMKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho

Pada kesempatan itu,  Hassanudin berpesan kepada seluruh masyarakat agar tetap bersyukur, mengajak pada detik-detik menyambut bulan Syawal untuk terus berbuat kebaikan.

"Kita berharap diberi kesempatan untuk bisa merasakan Ramadan berikutnya. Selama sebelas bulan berdoa supaya bisa melaksanakan Ramadan kembali. Mari kita sambut Idulfitri dengan ceria. Saya mewakili Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengucapkan selamat Idulfitri, mari menjadi hamba Allah, yang menyandang predikat takwa," ujarnya.

Sebelumnya, pengamatan rukyat hilal dengan letak geografis lintang +03° 34' 48.3" (LU), Bujur 98° 40' 17.8" (BT), tinggi tempat 60 meter di permukaan laut,

Kepala BMKG Wilayah I, Medan Hendro Nugroho, mengatakan, selain di  Kantor Gubernur Sumut, pengamatan juga dilakukan di Tapteng, dan di UMSU.

"Terbenam matahari 28:32:49 WIB, terbenam hilal 19:05:33 WIB, tinggi hilal +07° 33' 42" di atas ufuk Mar'i (sudah memenuhi kriteria MABIMS Baru)," ujarnya.

Kemudian sudut elongasi bulan matahari 20° 04' 49" (sudah memenuhi kriteri MABIMS Baru).

Pada saat itu jarak hilal dengan Markaz 3616002.2 kilometer, keberadaan hilal sudah wujud dan sudah imkan rukyat, potensi hilal dapat teramati. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Pj Gubernur Sumut Ajak Masyarakat Sambut Idulfitri dengan Ceria"

Posting Komentar

Wali Kota Medan Paparkan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting

LensaMedan - Wali Kota Medan, Bobby Nasution menyajikan pemaparan 8 aksi konvergensi penurunan stunting di kota Medan tahun 2023 secara dari...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel