Pasokan Melimpah, Harga Cabai Merah Anjlok


Lensamedan - Harga cabai merah kembali mengalami penurunan di awal pekan ini. 

Dari hasil pemantauan sejumlah pasar di wilayah Medan, Deliserdang dan sekitarnya, harga cabai merah ditransaksikan dalam rentang Rp15 ribu hingga Rp25 ribu per Kg nya.

Meskipun menurut Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, banyak pedagang yang menjual dikisaran Rp18 ribu per Kg. 

“Penurunan harga cabai merah dipengaruhi oleh sisi persediaan yang mengalami peningkatan. Untuk harga cabai merah sudah memasuki tren harga murah yang akan bertahan setidaknya hingga 3 pekan mendatang,” ujar Gunawan di Medan, Senin (15/4/2024). 

Harga cabai merah di posisi saat ini menurutnya memang sudah merugikan petani, karena harga jual di petani diperkirakan berada dalam rentang Rp10 ribu hingga Rp15 ribu per Kg nya. 

Berbeda dengan cabai merah, harga cabai rawit gunung ditransaksikan dikisaran level 40 ribu per Kg sejauh ini.

Selain cabai, harga bawang merah disebutkan Gunawan justru terpantau mengalami kenaikan hingga menyentuh Rp60 ribu per Kg. 

Informasi dari pedagang besar pasokan bawang merah dari wilayah jawa belum kembali normal, seiring dengan libur panjang yang masih berlangsung di hari ini. 

“Kita akan melihat dalam beberapa hari kedepan atau di pekan depan jika aktifitas ekonomi masyarakat kembali pulih sepenuhnya,” sebutnya.

Sementara itu, sejumlah harga kebutuhan lainnya sejauh ini masih bergerak normal. Bawang putih, minyak goreng, gula pasir dan beras semuanya terpantau stabil. 

Untuk harga daging ayam bergerak turun dikisaran Rp35 ribu per Kg dari posisi saat lebaran yang sempat menyentuh Rp40 ribu per Kg nya. Daging sapi juga berangsur turun dikisaran Rp125 ribu hingga Rp135 ribu per Kg nya.

Demikian juga halnya untuk harga telur ayam, semuanya masih terpantau bergerak stabil dibandingkan dengan kinerja sebelumnya. 

Di sisi lain, harga sayur-sayuran juga sudah mengalami penurunan. Harga tomat berada dikisaran Rp6 ribu hingga Rp7 ribu per Kg, kacang panjang dikisaran Rp10 ribu per Kg nya. 

“Secara keseluruhan harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat menyumbang deflasi di bulan ini,” pungkasnya. (*)


(Medan)


Belum ada Komentar untuk "Pasokan Melimpah, Harga Cabai Merah Anjlok"

Posting Komentar

Bersama Yayasan OBI Indonesia , Pemdes Pematang Rambai Gelar Bakti Sosial Kesehatan

LensaMedan - Kegiatan bakti sosial kesehatan yang dilaksanakan oleh Yayasan Obor Berkat Indonesia atau OBI sebuah organisasi Yayasan sosial ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel