Konflik di Timur Tengah Bikin Pasar Keuangan Rawan Koreksi


Lensamedan - Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi pembukaan  menguat dan berkutat dikisaran level psikologis 7.100. 

Kinerja IHSG mengalami pemulihan seiring dnegan penguatan yang terjadi di sejumlah bursa di Asia pada pagi ini. 

Di sisi lain, mata uang Rupiah terpantau bergerak menguat dikisaran level 16.210 per Dolar AS.

Analis keuangan Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, meski kinerja pasar keuangan membaik di awal pekan, tetapi ia masih mengkhawatirkan penguatan yang masih rapuh, mengingat pada hari ini ada rilis data neraca dagang tanah air. 

“Pasar tentunya berharap ada kenaikan surplus neraca dagang yang sempat menyusut menjadi US$867 juta pada bulan Februari. Data tersebut akan lebih mempengaruhi pergerakan Rupiah pada perdagangan hari ini,” ujar Gunawan di Medan, Senin (22/4/2024).

Gunawan menerangkan, dalam sepekan kedepan ada sejumlah agenda penting, seperti kebijakan moneter Bank Indonesia terkait suku bunga pada perdagangan besok. Bank Indonesia diperkirakan akan mempertahankan atau menaikkan bunga acuannya. 

Ekspektasi tersebut muncul seiring dengan tekanan yang dialami Rupah dalam sepekan terakhir.

Dan jelang perdagangan akhir pekan nanti, pemerintah AS akan merilis data inflasi. Data tersebut akan menjadi acuan dalam penentuan kebijakan investasi kedepan. 

Jika data inflasi AS masih menunjukan indikator data yang kuat. Maka tekanan pada pasar keuangan bisa berlanjut di akhir pekan.

Dan yang tak kalah penting adalah pasar keuangan dalam sepekan kedepan masih akan dibayangi konflik di Timur Tengah.

Tensi geopolitik di Timur Tengah mustahil bisa diprediksikan pasar, kecuali jika memang ada rencana dari kedua belah pihak bertikai, memberikan pernyataan resmi sebelum melancarkan agresinya. 

Selebihnya pelaku pasar akan lebih berhati-hati dengan banyak melakukan transaksi jangka pendek. Karena sentimen pasar bisa saja berubah seketika.

“Sehingga dalam sepekan kedepan pasar keuangan masih rawan mengalami koreksi,” terangnya. 

Sementara itu, harga emas dunia ditransaksikan melemah dikisaran US$2.377 per ons troy nya. Pelemahan harga emas ini menjadi indikasi kuat bahwa sinyal pemangkasan suku bunga acuan kian jauh dari harapan. 

Sekaligus menegaskan bahwa data ekonomi di AS pada pekan ini sangat berpeluang menekan IHSG dan Rupiah. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Konflik di Timur Tengah Bikin Pasar Keuangan Rawan Koreksi"

Posting Komentar

Pj Gubernur Sumut Harapkan Partisipasi Masyarakat di Pilkada Bisa Ditingkatkan

Lensamedan – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, berharap partisipasi masyarakat meningkat pada Pemilihan Kepala Daer...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel