Upaya Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Transformasi Digital

Lensamedan - Transformasi digital merupakan kunci untuk mengangkat UMKM ke level yang lebih tinggi dalam perekonomian.

Hal ini dikatakan Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Viada Hafid, dalam seminar Literasi Digital bertajuk “UMKM Naik Kelas Melalui Go Digital”, Selasa (6/2/2024).

“Dengan memanfaatkan platform digital seperti e-commerce, media sosial, dan aplikasi bisnis, UMKM dapat memperluas jangkauan pasar, meningkatkan efisiensi operasional, dan memperkuat bisnis mereka,” ucapnya

Meutya Viada Hafid menyebutkan, dengan adanya kemajuan teknologi, UMKM perlu menyadari bahwa teknologi digital bukan lagi merupakan hal yang opsional, tetapi menjadi suatu keharusan dalam mengembangkan usahanya.

Selain itu, UMKM perlu terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital agar dapat tetap bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

“Dalam era digital ini, tidak ada kata terlambat untuk UMKM untuk naik kelas. Melalui program Go Digital, UMKM memiliki kesempatan untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing mereka,” sebutnya.

Menyetujui pendapat Meutya Hafid, Eko Rore selaku Content Creator mengatakan bahwa teknologi digital bukan lagi suatu pilihan, tetapi sudah menjadi kebutuhan yang harus dimanfaatkan secara optimal oleh UMKM untuk menghadapi tantangan di masa depan..

Pergeseran perilaku konsumen yang kini lebih cenderung untuk berbelanja secara online merupakan salah satu alasan utama mengapa UMKM harus segera beradaptasi dengan dunia digital.

“Dengan hadirnya berbagai platform e-commerce, UMKM memiliki kesempatan untuk memasarkan produk-produknya secara lebih luas, bahkan hingga ke pasar internasional. UMKM tidak lagi terbatas pada wilayah geografis tertentu, melainkan dapat menjangkau konsumen di seluruh dunia,” tambahnya.

Tokoh Masyarakat sekaligus Pendamping UMKM, Fiki Fariansyah  juga menambahkan bahwa, dengan memanfaatkan media sosial secara efektif, UMKM dapat membangun brand awareness yang kuat dan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk-produknya.

“Penggunaan teknologi dalam manajemen dan operasional bisnis dapat mempercepat proses produksi, memperbaiki kualitas produk, serta mengurangi biaya produksi,” ucapnya. (*)


(Medan)  

Belum ada Komentar untuk "Upaya Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Transformasi Digital"

Posting Komentar

Peringati Hari Kartini, PKK Medan Gelar Fashion Show Kebaya Nasional

LensaMedan - Penampilan fashion show seluruh kader TP PKK Kota Medan dengan mengenakan kebaya nasional mewarnai peringatan Hari Kartini ke- ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel