Banyak Agenda Ekonomi Penting dalam Sepekan, Pasar Keuangan Bergerak Sangat Volatile


Lensamedan - Dalam sepekan kedepan, akan ada banyak agenda ekonomi penting yang akan dirilis baik dari dalam dan luar negeri.

Dari tanah air kita akan menanti rilis data cadangan devisa, sementara dari sisi eksternal akan ada testimoni Gubernur Bank sentral AS yang dijadwalkan akan memberikan pidato selama 2 kali. Tentunya pelaku pasar akan mencermati testimoni tersebut.

Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin menyebut tidak mudah memproyeksikan dampak dari testimoni itu ke pasar keuangan.

“Akan tetapi, saya menilai bahwa pasar akan lebih berhati-hati menjelang testimoni yang dijadwalkan pada hari Rabu dan Kamis. Serta ditutup dengan rilis data ketenaga-kerjaan di akhir pekan. Arah kebijakan suku bunga acuan Bank Sentral AS akan lebih terlihat nantinya saat testimoni disampaikan,” ujar Gunawan di Medan, Senin (4/3/2024).

Dalam sepekan pasar keuangan berpotensi untuk bergerak sangat volatile. Pada sesi pembukaan perdagangan awal pekan ini,  indeks harga saham gabungan (IHSG) dibuka menguat tipis dikisaran level 7.315, dimana gerak pasar saham di Asia sangat bervariasi dan bergerak sideways.

Minimnya sentimen pasar di awal pekan justru akan dimanfaatkan pelaku pasar untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga jelang testimoni Gubernur Bank Sentral AS.

Sementara itu, kinerja mata uang rupiah terpantau mengalami pelemahan di level 15.710 per dolar AS seiring minimnya sentimen.

Pada hari Kamis mendatang, data cadangan devisa akan menjadi data yang paling berpengaruh terhadap kinerja mata uang rupiah.

Sejauh ini, pasar bersikap lebih lunak jelang testimoni yang tercermin dari melemahnya imbal hasil US Treasury.

Sementara itu, jelang rilis data ekonomi dalam sepekan kedepan, harga emas ditransaksikan menguat dibandingkan dengan kinerja di akhir pekan sebelumnya.

Harga emas ditransaksikan di level US$2.085 per ons troy, mendekati level psikologis US$2.100 per ons troy nya pada perdagangan pagi ini.

Harga emas naik seiring dengan sikap pasar yang yakin bahwa Testimoni The FED akan bernada lebih dovish dari yang sebelumnya. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Banyak Agenda Ekonomi Penting dalam Sepekan, Pasar Keuangan Bergerak Sangat Volatile"

Posting Komentar

Peringatan Hari Raya Waisak, Bobby Nasution Ikut Pawai Lilin Bersama Umat Buddha

LensaMedan - Wali Kota Bobby Nasution mengikuti pawai lilin bersama umat Buddha, Minggu (19/5) malam.  Salah satu rangkaian perhelatan Perin...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel