Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan Ekonomi

Lensamedan - Peran perempuan dalam ekonomi sangat vital dan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan. 

Sebab itu, Komisi I DPR RI, bekerjasama dengan Ditjen APTIKA Kominfo melaksanakan seminar Literasi Digital dengan tema “Perempuan Hebat, Ekonomi Kuat” di Radison Hotel Medan.

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, mengatakan, salah satu alasan seminar ini dilaksanakan adalah untuk mendukung peran perempuan dalam menjalankan UMKM dan juga memotivasi UMKM perempuan untuk lebih berkembang, mengingat lebih dari 64% UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan.

“Perempuan bukan hanya memainkan peran dalam rumah tangga, tetapi perempuan juga dapat memainkan peran dalam membantu pembangunan perekonomian nasional,” ujar Meutya dalam seminar yang digelar Selasa (23/1/2024) 

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, kata Meutya, jumlah UMKM pada setiap tahunnya mengalami peningkatan, termasuk juga UMKM yang dikelola oleh perempuan.

“Hal tersebut membuktikan bahwa perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam membantu perkembangan perekonomian nasional. Karena lebih dari setengah total UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan,” kata Politisi Golkar ini.

Yasinta Tanzil selaku Praktisi UMKM, juga menyetujui pendapat dari Meutya Hafid perihal UMKM perempuan yang memberikan banyak kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

“Selain itu, pemerintah juga mendorong berbagai marketplace yang dapat menyerap produk-produk dari UMKM perempuan, sehingga kegiatan jual beli dapat berlangsung di berbagai penjuru tanah air,” sambungnya.

Velisya Sonya selaku 1st Runner Up Putri Nusantara 2023, menyetujui pendapat Meutya Hafid bahwa digitalisasi untuk UMKM perempuan sangat penting. 

Ketika UMKM perempuan sudah masuk ke tahap digitalisasi, maka para perempuan pelaku UMKM juga bisa membuat pasar mereka sendiri menggunakan media digital agar target pasar yang dimiliki lebih jelas, cepat, dan juga tepat, sesuai dengan produk yang mereka pasarkan,” katanya.

“Dengan bergabungnya UMKM perempuan dalam dunia digital, maka peran perempuan dalam aspek ekonomi menjadi terpenuhi, sehingga ruang digital yang ada pun dapat terisi dengan hal-hal positif. Selain itu, peran perempuan hebat dalam ekonomi ini juga akan sangat bermanfaat bagi perkembangan ekonomi nasional,” kata Velisya. (*)


(Medan) 


Belum ada Komentar untuk "Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan Ekonomi"

Posting Komentar

Jelang Berangkat, 249 Cahaj Batu Bara Ikuti Tepung Tawar

LensaMedan- Jelang keberangkatan ke Tanah Suci Mekkah, sebanyak 249 jemaah calon haji asal Kabupaten Batu Bara Kloter 11 mengikuti tradisi t...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel